Berita Tips dan Trik

Cara Membersihkan Gadget Kamu Agar Terhindar Dari Virus Korona

 

Header-Cara-Membersihkan-Perangkat-Teknologi

Gadgetren – Berdasarkan postingan WHO di akun Instagram resminya, mereka mengumumkan bahwa virus korona dapat menular melalui droplet atau percikan yang keluar saat seseorang batuk, bersin, atau berbicara.

Penularan juga bisa terjadi saat menyentuh permukaan yang terkontaminasi droplet tersebut dan secara tak sadar menyentuh mata, hidung, dan mulut sebelum cuci tangan.

WHO memperingatkan untuk menjaga diri tetap aman dari virus korona dengan cara menjaga jarak minimal 1 meter dari seseorang yang terinfeksi virus korona. Selain itu, cuci tangan secara rutin sebelum menyentuh mata, mulut, dan hidung.

WHO juga menyarankan untuk mendisinfeksi permukaan-permukaan benda yang sering disentuh, termasuk perangkat teknologi seperti ponsel, powerbank, charger ponsel, jam tangan pintar, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, HP Indonesia melalui keterangan tertulisnya memberikan panduan untuk membersihkan perangkat teknologi kalian yang bisa dibilang selalu menemani aktivitas sehari-hari.

HP Indonesia menyarankan untuk selalu merujuk pada manual pengguna perangkat teknologi yang telah tersedia. Langkah-langkah untuk membersihkannya pun sebagai berikut.

Pertama, gunakan disinfektan yang disarankan oleh CDC (Centers for Disease Control and Prevention) dengan kandungan larutan 70% isopropil alkohol dan 30% air.

Kedua, gunakan kain microfiber serta sarung tangan sekali pakai untuk membersihkan dan mensterilkan permukaan perangkat kalian.

Ketiga, pastikan perangkat dalam kondisi mati (untuk printer, steker harus dilepas dari stopkontak) dan perlengkapan eksternal lainnya. Jangan bersihkan perangkat dalam keadaan menyala atau terhubung ke stopkontak.

Keempat, usapkan perlahan kain lembap tersebut di permukaan yang hendak dibersihkan. Jangan biarkan cairan apa pun menetes ke bagian-bagian perangkat seperti keyboard, panel display, atau port USB di panel kontrol printer karena dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Kelima, usapkan kain pembersih secara satu arah dari bagian atas permukaan ke bawah ketika membersihkan sebuah layar atau panel kontrol printer.

Keenam, pastikan permukaan yang dibersihkan sudah kering sebelum menyalakan perangkat kembali. Jangan nyalakan perangkat bila masih ada cairan atau kelembapan yang tersisa di permukaan.

Ketujuh, buang sarung tangan setiap selesai membersihkan perangkat dan segera cuci tangan kamu setelah melepas sarung tangan.

Tinggalkan Komentar