Tips dan Trik

Punya Banyak Stalker? Ini Cara Mengunci Akun Twitter Kamu Agar Lebih Aman!

Cara Mengunci Akun Twitter Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Privasi kini memiliki ruang tersendiri di era terbuka ini. Kamu pun wajib mengontrolnya secara mandiri meskipun banyak platform yang memiliki kebijakan privasi untuk melindungi para pengguna.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan dalam hal ini adalah mengunci akun media sosial yang dimiliki. Dengan begitu, hanya orang-orang terpilih saja yang bisa mengakses semua informasi pribadi kamu, khususnya yang bersifat sensitif.

Saran saya, kamu bisa memulainya dengan mengunci akun Twitter. Seperti yang kita tahu, Twitter merupakan media sosial dengan karakteristik yang khas, dimana pengguna biasanya mengungkapkan berbagai macam hal secara frontal.

Jika kamu termasuk ke dalam kelompok ini apalagi sering mengunggah informasi-informasi pribadi, maka ada baiknya kamu segera mengikuti saran saya sebelumnya.

Nah bagi kamu yang belum tahu cara melakukannya, mari kita bahas langkah-langkahnya pada artikel kali ini. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui apabila akun dalam keadaan dikunci.

Pertama, kamu akan disibukkan oleh aktivitas menerima permintaan saat ada akun yang ingin mulai mengikuti akunmu. Dalam hal ini, kamu diharuskan menerima atau menolak permintaan tersebut.

Kedua, setiap aktivitas akun seperti cuitan, tautan permanen, atau cuitan ulang (Retweet) hanya bisa dilihat oleh pengikut saja dana tidak akan muncul ikon Retweet bagi pengikut untuk membalas cuitan atau membuat cuitan ulang.

Ketiga, interaksi seperti balasan untuk akun yang tidak terdaftar sebagai pengikut juga tidak akan bisa dilihat oleh akun tersebut. Mereka harus mengikuti akunmu jika ingin melihat balasan tersebut.

Apabila beberapa hal di atas bukan masalah bagimu, maka kamu bisa langsung mengunci akun Twitter. Bagi pengguna aplikasi seluler Twitter, kamu bisa membuka halaman pengaturan untuk melakukannya.

Cara Mengunci Akun Twitter

Langkah pertama, geser layar ke kanan untuk memunculkan daftar menu Twitter. Kamu juga bisa mengetuk foto profil yang terletak di pojok kiri atas untuk membuka daftar tersebut.

Selanjutnya cari dan pilih opsi Settings and privacy. Dari situ kemudian cari opsi Privacy and safety lalu aktifkan tombol geser (centang) pada opsi Protect your Tweets.

Sementara bagi kamu yang menggunakan Twitter web, kamu hanya perlu mengunjungi halaman https://twitter.com/settings/safety untuk mengatur proteksi akun ini.

Jika sudah aktif, bagaimana cara mengembalikannya? Kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas, kemudian menghilangkan proteksi akun dengan menonaktifkan tombol slider (centang) yang diaktifkan sebelumnya.

Tinggalkan Komentar