Bengkel

Apakah Kartu SIM 4G Telkomsel Bisa Untuk Mengakses Jaringan 3G?

Kartu Telkomsel Bisa Untuk Jaringan 3G Header

Gadgetren -Telkomsel adalah salah satu operator seluler di Indonesia yang sangat gencar mengajak pelanggannya untuk beralih dari jaringan generasi ketiga (3G) ke jaringan generasi keempat (4G).

Bahkan dalam kampanyenya, mereka akan menggratiskan penukaran kartu SIM yang hanya mendukung jaringan 3G ke jaringan 4G. Mereka pun memberikan iming-iming hadiah tambahan kuota 4G dengan jumlah tertentu selama sebulan dengan biaya Rp 10.

Padahal bagi saya pribadi, saya tetap akan beralih ke jaringan ini meski tanpa iming-iming apapun karena ada beberapa alasan utama. Selain karena hampir semua smartphone kini sudah mendukungnya, jaringan 4G secara teknis memiliki kecepatan yang lebih baik.

Sayangnya, banyak orang yang tidak menyadari bahwa kartu lawas mereka belum mendukung jaringan 4G. Beberapa bahkan takut untuk melangkah karena alasan ketersediaan jaringan 4G di daerahnya.

Nah berkaitan dengan migrasi ini, ada sebuah pertanyaan yang muncul dari salah satu pembaca Gadgetren. Oleh karena itulah, saya akan mencoba untuk mengulasnya pada kesempatan kali ini.

Pertanyaan:

Apakah Kartu SIM 4G Telkomsel Bisa Untuk Mengakses Jaringan 3G?

Jawaban:

Kartu SIM 4G dari Telkomsel sebenarnya sama saja dengan kartu jaringan 3G-nya. Hanya saja di dalamnya terdapat piranti keras dan lunak yang telah ditingkatkan sehingga bisa digunakan pada pita jaringan 4G.

Semenjak teknologi UTMS (Universal Mobile Telecommunications System) muncul, kartu SIM kini menggunakan piranti keras dan lunak dengan penamaan yang terpisah.

Dalam pemisahan ini, USIM (Universal Subscriber Identity Module) muncul sebagai piranti lunak dan UICC (Universal Integrated Circuit Card) muncul sebagai piranti kerasnya.

Kedua teknologi inilah yang digunakan oleh banyak operator seluler seperti Telkomsel untuk membangun jaringan 3G di Indonesia. Namun seiring pertumbuhan jaringan 4G, keduanya pastinya memerlukan upgrade supaya mendukung jaringan tersebut.

Nah kabar baiknya, Telkomsel memberikan upgrade kartu SIM yang dipakainya tanpa menghilangkan dukungan untuk jaringan-jaringan yang lebih lama. Jadi kartu 4G Telkomsel masih bisa digunakan untuk mengakses jaringan 2G ataupun 3G.

Hanya saja perlu diketahui bahwa dukungan kartu SIM ini juga harus diimbangi oleh ketersediaan jaringan dari Telkomsel itu sendiri. Artinya, kamu tetap bisa menggunakan jaringan 3G dengan kartu 4G Telkomsel selama perusahaan masih menyediakan jaringannya.

Perlu kamu tahu, Telkomsel beberapa waktu lalu telah mengungkapkan bahwa mereka lebih memilih untuk mempertahankan jaringan 2G dibandingkan 3G guna melengkapi jaringan 4G.

Telkomsel memang belum menyebutkan sampai kapan mereka akan mempertahankan jaringan 3G. Namun sebelum saat itu datang, kamu masih bisa menggunakan kartu Telkomsel untuk mengakses jaringan tersebut selama jaringan di dukung di daerahmu.

* Jika kamu ingin mengirimkan pertanyaan, bisa dikirimkan via email ke [email protected] Pertanyaan terpilih akan dijawab di artikel Bengkel setiap hari Rabu.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Ass…
    Kenapa Ya Min, Kok Kartu Sy Tidak Bisa Terhubung Di 3G/H+ Untuk Internetnya, Sedangkan Saya Baru Saja Beli Paket Internet Combo Yg 65GB Dan Sisa Kuota Lama Juga Masih Banyak. Mohon Solusinya Makasi..