Tips dan Trik

Cara Melihat Insight di Instagram Biar Strategi Bisnismu Makin Berkembang

Cara Melihat Insight di Instagram Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Untuk menjalankan sebuah bisnis, wawasan mengenai keberhasilan strategi pemasaran hingga kinerja interaksi dengan konsumen sangat penting untuk dibaca atau dipahami.

Kabar baiknya, pelaku bisnis yang menggunakan Instagram sebagai medianya bisa dengan mudah untuk memperoleh berbagai wawasan tersebut karena platform media sosial ini juga menyediakan halaman khusus untuk hal ini.

Disebut dengan Insight Instagram, halaman khusus ini dirancang untuk membantumu dalam mempelajari lebih lanjut tentang pengikut dan orang-orang yang berinteraksi dengan bisnismu di Instagram.

Misalnya dalam hal ini, Insight Instagram akan membantumu memberikan wawasan mengenai pemetaan pengikut atau konsumen berdasarkan jenis kelamin, rentang usia, hingga lokasi tempat tinggalnya.

Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah untuk melihat konten, baik post atau story, yang paling sering mendapat interaksi dari pengguna, seperti paling banyak dilihat, dikomentari, atau disukai.

Dengan melihat beberapa hal tersebut, tentunya kamu bisa lebih mudah untuk membuat strategi pemasaran yang lebih baik, membuat konten pemasaran yang menarik, hingga akhirnya bisa meningkatkan pendapatan di bisnis yang sedang dijalankan.

Namun agar bisa menggunakan perlengkapan Insight Instagram, akun usaha yang sedang kamu kelola harus sudah didaftarkan sebagai akun bisnis di Instagram terlebih dahulu.

Setelah terdaftar di akun bisnis Instagram, kamu bisa mengecek halaman Insight Instagram melalui halaman akun (tab yang paling kanan), kemudian mengetuk tombol Menu di pojok kanan atas. Dari beberapa opsi yang muncul, selanjutnya pilih Insight.

Cara Melihat Insight di Instagram

Dalam halaman Insight Instagram, kamu akan menemukan tiga kategori wawasan yang bisa dipelajari sesuai dengan kebutuhan kamu. Ketiganya meliputi Content, Activity, dan Audience.

Sebagai sedikit gambaran, tab Content berisi berbagai macam wawasan mingguan mengenai bagaimana kinerja dari konten-konten yang kita unggah ke Instagram, baik itu post, stories, atau promosi.

Tab Activity berisi wawasan mengenai bagaimana interaksi yang terjadi dengan pengguna Instagram, meliputi jumlah pengunjung akun, jangkauan, hingga impresi dalam waktu seminggu.

Sedangkan Tab Audience berisi tentang wawasan mengenai demografi pengunjung dan pengikut akun, dari mulai lokasi tempat tinggal, segmentasi umur dan jenis kelamin, hingga wawasan penting lainnya.

Tinggalkan Komentar