realme 5 Pro – Smartphone Kelas Menengah yang Ngebut dan Dengan Quad Camera 48MP

realme 5 pro Feature

realme 5 Pro merupakan salah satu smartphone realme dengan 4 kamera belakang pertama yang hadir di Indonesia.

Empat kamera belakangnya ini memungkinkan penggunanya dapat mengambil foto dengan berbagai mode yang menarik. Selain itu, kamera utama belakangnya mempunyai resolusi 48-MP.

Selain mempunyai banyak kamera yang dapat dieksplorasi, produk yang satu ini juga hadir dengan spesifikasi hardware yang bertenaga. Apalagi chipset Qualcomm Snapdragon 712 Octa-core yang menggunakan teknologi proses 10nm.

Dengan kombinasi hardware ini, apakah realme 5 Pro mampu bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya?

Desain

realme 5 pro 4

realme menghadirkan layar penuh dengan poni berbentuk tetesan embun pada bagian depannya. Beralih ke bagian belakangnya, smartphone ini mengadopsi bodi belakang dengan desain potongan berlian yang terlihat berkilau ketika terkena pantulan cahaya.

Pada bagian belakangnya pun terdapat lengkungan 3 dimensi di kiri dan kanannya yang membuat saya dapat dengan nyaman menggenggam realme 5 Pro dengan satu tangan. Untuk unit yang saya dapatkan mempunyai warna Crystal Green yang terlihat menarik ketika terkena pantulan cahaya.

Namun bodi belakang smartphone ini mudah kotor karena tertempel debu maupun sidik jari. Untuk itu, kamu sebaiknya langsung menyematkan casing tambahan yang sudah tersedia dalam paket penjualannya agar lebih aman terhadap kotoran maupun goresan.

Beralih ke bawah, realme sudah menyematkan port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan lubang speaker. Sementara pada sisi kirinya, terdapat slot kartu SIM (2 slot kartu SIM dan 1 slot microSD) dan tombol volume yang disusun secara vertikal. Sedangkan tombol power hadir sendiri di bagian kanannya.

Layar

realme 5 pro 6

realme 5 Pro telah dibekali dengan layar 6,3 inci yang beresolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel), berteknologi IPS, dan beraspek rasio 19.5:9 yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk tetesan embun di bagian atasnya.

Dengan penggunaan teknologi IPS memungkinkan saya masih dapat melihat konten di layar hingga sudut kemiringan 178 derajat. Sementara itu, realme mengklaim bahwa rasio layarnya mencapai 90,6% dengan bezel yang tipis sehingga membuat saya lebih leluasa ketika bermain game maupun menonton video.

Untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar, realme telah menyematkan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3+ pada smartphone ini. Sementara fitur Night Shield yang hadir di dalamnya mampu mengurangi radiasi sinar biru pada mata penggunanya.

Kamera

realme 5 pro 2

Sektor fotografi merupakan fitur yang diunggulkan pada smartphone yang satu ini. Pihak realme telah membekali realme 5 Pro dengan 4 kamera belakang yang berjuluk Quad Camera SpeedMaster.

Empat kamera belakang ini terdiri dari kamera ultra-wide 8MP (apertur f/2.2), kamera utama 48MP (apertur f/1.8), kamera sekunder 2MP (apertur f/2.4), dan kamera ultra makro 2MP (apertur f/2.4).

Kamera utamanya menggunakan sensor IMX586 yang mampu menghasilkan foto hingga resolusi 48MP secara detail. Untuk menghasilkan foto beresolusi 48MP, fitur Ultra 48MP harus diaktifkan secara manual.

Secara bawaan, kamera utamanya akan menghasilkan resolusi 12MP karena menggunakan teknologi Quad-Bayer yang dapat membuat foto kaya akan informasi dan menggunakan beragam macam skenario kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence.

Beralih ke kamera ultra-wide belakangnya, kameranya mampu mengambil foto dengan area yang luas hingga 119 derajat. Bisa dibilang kamera ultra-wide ini cocok untuk mengabadikan momen di area lanskap, bangunan, perkotaan, hingga foto grup dengan banyak orang di dalamnya karena mampu menjangkau area yang luas.

Berbeda dengan realme 3 Pro, smartphone yang satu ini mempunyai satu kamera belakang lagi yaitu lensa ultra makro. Dengan hadirnya kamera ini memungkinkan kamu dapat memotret obyek dari yang sangat dekat.

Tak lupa, realme 5 Pro telah dibekali dengan fitur Chroma Boost dan Nightscape. Chroma Boost dapat meningkatkan kecerahan dan kepekatan warna pada hasil fotonya dibandingkan dengan menggunakan Auto mode.

Fitur Nightscape kembali hadir di ponsel ini yang mampu menghadirkan foto yang lebih terang, tajam, dan minim noise pada malam hari dibandingkan dengan pengambilan foto menggunakan Auto mode.

Untuk kamera depannya, realme 5 Pro menggunakan kamera beresolusi 16-MP dengan sensor Sony IMX471 dan apertur f.2,0 yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan wajah yang mulus berkat fitur AI Beauty.

Kamera belakang (klik gambar untuk perbesar)

Realm5Pro-Canvas-NormalNormal

Realme5Pro-Canvas-48MP48MP

Realme5Pro-Kucing-NormalNormal

Realme5Pro-Kucing-48MP48MP

Realme5Pro-Patung-NormalNormal

Realme5Pro-Patung-48MP48MP

Realme5Pro-Rumput-NormalNormal

Realme5Pro-Rumput-48MP48MP

Realme5Pro-Buah-NormalNormal

Realme5Pro-Buah-ChromaBoostChroma Boost

Realme5Pro-Gapura-NormalNormal

Realme5Pro-Gapura-ChromaBoostChroma Boost

Realme5Pro-Bunga-NormalNormal

Realme5Pro-Bunga-ChromaBoostChroma Boost

Realme5Pro-Bianglala-NormalNormal

Realme5Pro-Bianglala-ChromaBoostChroma Boost

Realme5Pro-Android-NormalNormal

Realme5Pro-Android-UltraMacroUltra Makro

Realme5Pro-Mobilan-NormalNormal

Realme5Pro-Mobilan-UltraMacroUltra Makro

Realme5Pro-Mainan-NormalNormal

Realme5Pro-Mainan-UltraMacroUltra Macro

Realme5Pro-Gedung-NormalNormal

Realme5Pro-Gedung-UltraMacroUltra Macro

Realme5Pro-KomidiPutar-NormalNormal

Realme5Pro-KomidiPutar-WideAngleUltra Wide

Realme5Pro-GedungBNI2-NormalNormal

Realme5Pro-GedungBNI2-WideAngleUltra Wide

Realme5Pro-Baling2-NormalNormal

Realme5Pro-Baling2-WideAngleUltra Wide

Realme5Pro-OntangAnting-NormalNormal

Realme5Pro-OntangAnting-WideAngleUltra Wide

Realme5Pro-Restoran-NormalNormal

Realme5Pro-Restoran-NightscapeNightscape

Realme5Pro-TuguKujang-NormalNormal

Realme5Pro-TuguKujang-NightScapeNightscape

Realme5Pro-Restoran2-NormalNormal

Realme5Pro-Restoran2-NightscapeNightscape

Realme5Pro-GedungBNI-NormalNormal

Realme5Pro-GedungBNI-NightscapeNightscape

Kamera depan (Klik gambar untuk perbesar)

Selfie NormalSelfie Normal

Selfie Beauty + BokehSelfie Beauty + Bokeh

Performa

realme 5 pro 8

realme 5 Pro telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 712 Octa-core 2,3 GHz berteknologi proses 10nm yang mampu menghadirkan performa bertenaga. Selain chipset yang bertenaga, RAM dan kapasitas internal yang disediakan realme 5 Pro pun cukup besar yaitu RAM 8 GB dan kapasitas internal 128 GB.

Ketika digunakan untuk aktivitas sehari-hari seperti chatting, email, berjejaring sosial, bermain game, hingga mengedit dokumen, realme 5 Pro ini mampu menjalankan aplikasi-aplikasi multitasking tersebut dengan lancar dan tanpa lag sama sekali.

realme 5 Pro Mobile Legend

Beralih ke pengujian yang lebih berat, saya pun memainkan beberapa game populer mulai dari Mobile Legends, Arena of Valor, Free Fire, PUBG Mobile, dan Final Fantasy XV Pocket Edition.

Semua game ini mampu saya jalankan dengan lancar menggunakan grafis dan frame rate yang tinggi. Ditambah lagi realme 5 Pro masih bisa meladeni Final Fantasy XV Pocket Edition dengan grafis yang tinggi.

Tak lupa saya pun melakukan benchmark pada realme 5 Pro dengan aplikasi AnTuTu Benchmark v7.2.3 dan Geekbench 4. Smartphone yang satu ini berhasil mendapatkan skor yang mencapai 179.147 poin.

realme 5 Pro Benchmark

Sementara itu hasil Geekbench menunjukkan bahwa perangkat ini mendapatkan skor 1.041 poin untuk pengujian single-core dan 4.688 poin untuk pengujian multi-core. Hal ini membuktikan bahwa performa bertenaga yang dihasilkan oleh realme 5 Pro mampu bersaing dengan smartphone kelas menengah lainnya di pasar Indonesia.

Baterai

realme 5 pro 1

realme telah membenamkan baterai berkapasitas 4.053 mAh untuk menjadi sumber energi dari realme 5 Pro. Sementara itu, realme mengklaim bahwa daya tahan baterai dari smartphone ini mampu bertahan lama dalam pemakaian normal.

Untuk membuktikannya, saya pun langsung mengujinya dengan menggunakan aplikasi PCMark for Android dengan mengaktifkan mode Work 2.0 Battery ditambah tingkat kecerahan layar sebesar 50% dan dimulai dari kondisi baterai 100%.

Sekilas, mode Work 2.0 Battery akan melakukan simulasi pemakaian sehari-hari pada smartphone. Hasilnya, realme 5 Pro ini mendapatkan skor PCMark for Android yang mencapai 8 jam 6 menit.

Sementara pada pemakaian harian dari kondisi 100% ke 5% dengan tingkat kecerahan layar 50%, realme 5 Pro berhasil tahan selama 15 jam 10 menit dengan Screen on Time 6 jam 20 menit. Pada saat saya memainkan game PUBG Mobile selama 40 menit dengan koneksi selular jaringan 4G-LTE, kondisi baterainya hanya turun 12% saja.

Baterai realme 5 Pro

Dengan kata lain, realme 5 Pro ini memiliki daya tahan baterai yang cukup lama sehingga dapat digunakan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari hanya dengan sekali cas setiap harinya.

Tak lupa dukungan VOOC Flash Charge 3.0 telah dihadirkan pada smartphone ini dan mampu mengisi daya baterai dari kondisi 5% ke 100% dengan waktu hanya 1 jam 33 menit alias 93 menit.

Fingerprint dan Face Unlock

realme 5 pro 7

Hampir sama dengan generasi sebelumnya, realme menempatkan sensor fingerprint di bagian belakang realme 5 Pro. Posisi dari sensor ini pun cukup mudah diraih oleh jari saya. Pada saat saya mencobanya, sensor mampu merespon sidik jari saya dengan cepat dan langsung membuka kunci smartphone.

Sementara itu, realme 5 Pro ini mengizinkan 5 sidik jari berbeda untuk dipindai oleh sensor fingerprint. Namun realme juga menyediakan fitur Face Unlock sebagai alternatif ketika jari saya sedang kotor atau berkeringat.

Dengan hadirnya fitur Face Unlock ini memungkinkan saya dapat membuka kunci hanya menggunakan wajah. Fitur Face Unlock-nya mampu merespon wajah saya dengan cepat ketika digunakan dalam kondisi cahaya yang cukup maupun minim cahaya. Smartphone ini hanya mengizinkan 1 wajah untuk didaftarkan pada fitur Face Unlock.

Selain untuk membuka kunci realme 5 Pro, sensor fingerprint dan Face Unlock ini juga dapat digunakan untuk membuka aplikasi yang telah dikunci oleh fitur bawaan ColorOS 6.0. Dengan kata lain kedua fitur ini memudahkan saya dalam membuka kunci tanpa harus memasukkan passcode maupun pattern terlebih dahulu.

ColorOS 6.0

ColorOS 6 realme 5 Pro

Dibandingkan generasi sebelumnya, ColorOS 6.0 berbasiskan Android 9.0 Pie ini memiliki tampilan antarmuka yang simpel sehingga mudah dipahami oleh pengguna baru sekalipun. Selain itu, tampilan home screen, ikon, font, dan warna latar belakang dibuat senyaman mungkin.

ColorOS 6.0 juga memiliki fitur menarik yang dapat membantu penggunanya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Saya sendiri paling sering menggunakan fitur Clone App, App Split-screen, screenshot degan 3 jari, dan Game Space.

Clone Apps ini memungkinkan saya untuk menggandakan aplikasi media sosial. Dengan penggandaan ini membuat saya dapat memasukkan dua akun media sosial sekaligus dalam satu smartphone. Sebagai catatan, hanya aplikasi tertentu saja yang bisa digandakan dengan Clone Apps ini.

App Split-screen membuat saya dapat menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Fitur ini berguna misalnya ketika saya sedang membuka aplikasi WhatsApp sembari menonton video di YouTube.

Screenshot dengan 3 jari memungkinkan saya untuk melakukan screenshot secara cepat hanya dengan menggunakan gesture menyapu atau swipe 3 jari dari bagian atas ke bawah layar. Hal ini juga dapat menghemat saya dalam pemakaian tombol fisik power maupun volume down agar tidak cepat rusak.

Untuk Game Space, fitur ini merupakan sebuah ruang yang dapat menyimpan game maupun aplikasi agar ditingkatkan performanya menggunakan fitur Hyperboost 2.0 ketika sedang dijalankan. Beberapa game sudah ditandai realme akan masuk ke Game Space, namun apabila game belum masuk ke Game Space maka kita dapat memasukkan secara manual.

Kesimpulan

realme 5 pro 3

Saya sendiri merasa puas setelah memakai realme 5 Pro dalam waktu beberapa minggu ini terutama dari sisi performa dan kemampuan kameranya. realme 5 Pro mampu menjalankan aplikasi dan game yang saya sering gunakan dengan lancar.

Sementara itu berkat hadirnya 4 kamera belakang yang dikombinasikan dengan teknologi yang canggih, saya pun mampu menghasilkan berbagai foto yang menarik.

Meskipun masih terdapat beberapa hal yang tidak hadir di realme 5 Pro, namun spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan smartphone berjuluk Quad Camera SpeedMaster ini mampu membuatnya menjadi produk pilihan di kisaran Rp 3 jutaan.

Tinggalkan Komentar