ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik

Cara Membuka dan Mengekstrak File RAR di Smartphone Android

RAR Logo

Gadgetren – RAR merupakan salah satu ekstensi file yang telah dikompresi dengan menggunakan software atau aplikasi WinRAR.

Dibandingkan dengan Zip, ekstensi yang satu ini menawarkan kemampuan kompresi yang lebih baik karena mampu menghasilkan ukuran file kompresi yang lebih kecil walaupun ukuran file aslinya hampir sama dengan Zip.

Meskipun RAR ini dapat dibuka di PC atau laptop dengan mudah menggunakan software WinRAR, namun sebagian orang masih bingung mengenai cara untuk mengekstrasi file RAR di smartphone. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran dengan caranya maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Membuka dan Mengekstrak File RAR di Smartphone Android

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengunduh dan menginstal aplikasi RAR dari Google Play Store
  2. Setelah terinstal di smartphone, maka Gadgeter dapat membuka aplikasi tersebut
  3. Pada halaman utama aplikasi RAR ini, Gadgeter akan dihadapkan dengan beragam hirarki folder dan dokumen
  4. Selanjutnya, Gadgeter dapat langsung mencari file dengan ekstensi RAR yang akan diekstrak
  5. Setelah memilih file berekstensi RAR yang akan dibuka dan diekstrak, maka Gadgeter dapat memilih menu Extract dengan logo Buku ditambah tanda panah ke atas yang berada di bagian atas aplikasi
  6. Kemudian, Gadgeter dapat memilih tempat pengekstrakan file pada halaman Extraction Options
  7. Setelah file dirasa siap untuk diekstrak, maka Gadgater dapat langsung menekan tombol OK
  8. Terakhir, file hasil ektraksi akan muncul di tempat yang ditentukan tadi

RAR

Bisa dibilang cara yang satu ini sangat mudah, dimana Gadgeter hanya perlu menginstal aplikasi RAR dari Google Play Store. Selain itu, aplikasi ini terpercaya karena langsung dibuat oleh RARLAB yang merupakan penerbit dari perusahaan win.rar GmbH sendiri.

Selain dapat mengompresi file menjadi lebih kecil, Gadgeter juga dapat menggabungkan beberapa data untuk dijadikan satu file RAR. Tentu saja ini sangat praktis karena Gadgeter bisa mendapatkan file kompresi RAR dengan ukuran kecil, namun banyak file di dalamnya.

Menurut pihak WinRAR, software tersebut mampu mengompresi file dengan 40% dibandingkan ukuran aslinya. Misalnya saja Gadgeter mempunyai file berukuran asli 100 MB, maka pada saat dikompresi dengan ekstensi RAR akan menjadi 40 MB.

Sebenarnya aplikasi RAR ini bisa mengekstrak file yang telah terkompresi selain ekstensi RAR, seperti Zip GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, ARJ, dan masih banyak lagi. Dengan kata lain, Gadgeter hanya perlu menginstal aplikasi RAR untuk mengekstrak file kompresi dengan beragam ekstensi.

Menurut Gadgeter, apakah RAR merupakan ektensi file kompresi terbaik dibandingkan yang lainnya? Namun apabila Gadgeter mengeteahui ekstensi lainnya maka dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar