ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Cara Menambah, Mengganti, dan Menghapus E-mail di Facebook

Cara Mengganti Email Facebook Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Mengganti alamat e-mail untuk Facebook sangat penting dilakukan oleh sebagian pengguna. Salah satunya, sangat penting bagi mereka yang lupa kata sandi untuk akun e-mail utamanya.

Seperti yang sudah kita tahu bersama, akun e-mail menjadi salah satu metode verifikasi untuk membuat akun di layanan jejaring sosial raksasa tersebut. Dengan menggunakan e-mail, pengguna juga bisa mengantisipasi jika mereka lupa kata sandi akun Facebook-nya.

Kabar baiknya, Facebook melengkapi layanan yang menjadi andalannya tersebut dengan fitur pengelola alamat e-mail yang mudah untuk digunakan. Pengguna bisa menambah, mengganti, hingga menghapus alamat email utamanya, baik melalui web, web seluler maupun aplikasi.

Cara Menambahkan E-mail Akun Facebook

  1. Pertama-tama buka aplikasi Facebook
  2. Ketuk tab yang paling kanan (ikon hamburger), lalu gulir ke bawah dan cari Settings & Privacy
  3. Ketuk menu tersebut, lalu pilih Settings
  4. Pada bagian Account settings, ketuk menu Personal information
  5. Ketuk pada bagian Email address
  6. Pilih tombol Add Email Address
  7. Masukkan alamat e-mail baru ke kolom Add an additional email address dan jika diminta masukkan juga kata sandi Facebook yang kamu miliki, lalu klik Add email address

Cara Mengganti Email Facebook - Cara Menambah

Jika berhasil, kamu akan memperoleh kode verifikasi melalui e-mail yang baru saja ditambahkan. Oleh karena itu, selanjutnya kamu tinggal menggunakan kode tersebut untuk memverifikasi keaslian akun.

Cara Memverifikasi E-mail Baru Akun Facebook

  1. Jangan tutup aplikasi Facebook
  2. Buka akun e-mail yang baru untuk mendapatkan kode verifikasi
  3. Jika sudah mendapatkan kodenya, salin kode tersebut, lalu kembali ke aplikasi Facebook
  4. Klik pada bagian Confirm Email Address (terletak di bawah alamat e-mail yang baru ditambahkan)
  5. Masukan kode yang sudah disalin ke kolom yang tersedia, lalu tekan tombol Confirm

Cara Mengganti Email Facebook - Verifikasi

Cara Mengganti E-mail Utama Akun Facebook

Langkah selanjutnya, pengguna bisa mengganti alamat e-mail utama dengan alamat yang baru. Caranya, masuk lagi ke bagian E-mail address (Settings & Privacy > Settings > Personal information), lalu ketuk bagian Primary email.

Cara Mengganti Email Facebook - Ganti

Dari halaman tersebut, lalu pilih alamat e-mail yang akan digunakan sebagai alamat e-mail utama. Jika sudah, kamu bisa menekan tombol Save. Tutup aplikasi, lalu buka kembali halaman E-mail address untuk mengeceknya.

Cara Menghapus E-mail Akun Facebook

Sebagai langkah tambahan (boleh tidak dilakukan), kamu bisa menghapus alamat e-mail lama jika kamu benar-benar tidak membutuhkannya. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu menekan tombol Remove pada alamat e-mail yang ditampilkan di bagian E-mail address.

Cara Mengganti Email Facebook - Hapus

Sebagai catatan, tombol ini akan muncul pada alamat e-mail cadangan. Sehingga untuk menghapus e-mail lama, kamu harus memastikan langkah sebelumnya berhasil dilakukan.

Selain menggunakan aplikasi seperti yang diulas di atas, kamu juga bisa mengganti alamat e-mail melalui web maupun web seluler Facebook. Meskipun ada perbedaan dengan menggunakan aplikasi, secara umum langkah-langkanya pun cukup sama. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menyesuaikan lokasi menu, nama menu, dan lain sebagainya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar