Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Talkback atau Voice Assistant di Perangkat Samsung

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung Header

Gadgetren – Berbeda dengan kebanyakan smartphone Android, Samsung memiliki layanan Talkback sendiri yang diberi nama Samsung Talkback pada sistem lama atau Voice Assistant pada sistem yang lebih baru.

Meskipun demikian, layanan ini juga memiliki fungsi yang sangat mirip dengan Google Talkback, yakni untuk membantu para pengguna tunanetra supaya mereka bisa berinteraksi atau menggunakan smartphone dengan lebih mudah.

Layanan ini dibangun dengan mengubah semua hal ke dalam feedback berupa suara. Sebagai contohnya, dengan mengaktifkan layanan ini, apa yang kita sentuh, pilih, atau aktifkan akan dideskripsikan lewat kata-kata.

Sebagai akibatnya, pengoperasian smartphone akan menjadi sedikit berbeda dari biasanya. Yang mana dalam hal ini, pengguna tidak dapat langsung mengakses menu ketika menyentuhnya, tetapi mereka akan mendapatkan penjelasan mengenai menu tersebut dahulu.

Tentu saja, bagi pengguna biasa yang tidak terbiasa akan sedikit kesulitan dalam hal ini. Untuk itu mereka perlu untuk menonaktifkannya jika tanpa sengaja menghidupkan fitur ini. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Cara Menonaktifkan Talkback atau Voice Assistant pada Perangkat Samsung

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke bagian Accessibility
  3. Pilih menu Vision
  4. Kemudian pilih Voice Assistant atau Talkback
  5. Ketuk tombol slider ke posisi off
  6. Terakhir, konfirmasi dengan memilih tombol OK

Cara Menonaktifkan Talkback Samsung

Perlu diperhatikan, tampilan di atas mungkin sedikit berbeda pada beberapa perangkat. Hal ini karena perbedaan sistem operasi yang digunakan atau karena pengguna sudah mengubah tampilan dengan menggunakan tema.

Namun secara umum, langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur Talkback hampir sama pada setiap perangkat Android, khususnya perangkat Samsung dalam hal ini. Untuk itu, pengguna hanya perlu menyesuaikannya.

Selain itu, berbeda pada saat fitur Talkback atau Voice Assistant tidak aktif, untuk memilih atau mengetuk tombol, pengguna perlu mengetuknya sebanyak dua kali (double tap) supaya menu benar-benar terpilih.

Bagaimana Mengaktifkan Talkback atau Voice Assistant pada Perangkat Samsung?

Seperti yang disinggung sebelumnya, meskipun datang sebagai fitur dasar yang hadir pada setiap perangkat Samsung, Talkback atau Voice Assistant sebenarnya tidak bisa aktif dengan sendirinya. Pengguna perlu mengaktifkannya secara manual agar bisa mencicipi fitur ini.

Untuk mengaktifkannya, secara umum bisa dilakukan dengan metode yang hampir sama dengan langkah-langkah di atas. Namun dalam hal ini, pengguna hanya perlu mengetuk slider pada Voice Assistant ke posisi on.

Tinggalkan Komentar