Tips dan Trik

Cara Mengatasi Permasalahan “Reboot and Select Proper Boot Device” di Laptop ASUS

Cara Mengatasi Reboot and Select Proper Boot Device Laptop ASUS Header

Gadgetren – Terdapat banyak permasalahan yang bisa menghantui para pengguna perangkat komputer, termasuk laptop. Dan salah satu diantaranya adalah kegagalan masuk ke dalam Bootable (Sistem Operasi).

Permasalahan ini pun banyak jenis dan kondisinya. Salah satunya, ada yang berhenti pada suatu kondisi dan memunculkan pesan “Reboot and Select proper Boot device or Insert Boot Media in selected Boot device”.

Khususnya untuk permasalahan ini, biasanya terjadi karena permasalahan komputer tidak bisa membaca sistem operasi atau partisi bootable yang digunakan. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, dari mulai kerusakan harddisk (HDD) atau kesalahan pengaturan Boot di BIOS.

Guna mengatasinya, terdapat beberapa cara yang harus dilakukan. Dan khusus bagi pengguna perangkat ASUS, berikut ini tiga cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara mengatasi Permasalahan “Reboot and Select Proper Boot Device” di Laptop ASUS

Pastikan Harddisk Terbaca Perangkat

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan “Reboot and Select proper Boot device or Insert Boot Media in selected Boot device” di laptop ASUS adalah dengan masuk ke BIOS dan mengecek apakah harddisk terbaca atau tidak.

Hidupkan atau restart laptop jika dalam keadaan hidup dengan menekan tombol CTRL + ALT + DEL, dan secara cepat tekan tombol F2 untuk masuk ke BIOS. Setelah masuk, buka bagian Boot dan pastikan harddisk muncul pada opsi Boot Option Priority.

Perlu diingat, kamu bisa menggunakan tombol arah dan enter untuk melakukan navigasi di dalam mode BIOS, karena sebagian besar mode ini tidak mendukung navigasi menggunakan mouse.

Reset Pengaturan BIOS Ke Pengaturan Pabrikan

Jika opsi harddisk muncul di pilihan Boot Option Priority, berarti kondisi harddisk dalam keadaan normal. Untuk itu, agar dapat terbaca seperti semula, kamu bisa mengatur pilihan jenis OS (UEFI atau Legacy) sesuai dengan OS yang digunakan.

Kamu dapat mengaturnya secara manual, tetapi kami sarankan untuk melakukan dengan melakukan reset ke pengaturan pabrikan. Caranya, kamu hanya perlu melakukan restart dan menekan tombol F9.

Bersihkan Port Harddisk

Jika harddisk tidak terbaca di langkah pertama, kamu dapat mencopot harddisk dari laptop kemudian membersihkan port-nya, baik yang ada di laptop ataupun yang ada di harddisk itu sendiri. Jika sudah, pasang kembali.

Bawa Ke Ahlinya

Jika cara di atas belum mengatasi permasalahan “Reboot and Select proper Boot device or Insert Boot Media in selected Boot device” di laptop ASUS, maka ada baiknya kamu membawanya ke tukang servis. Siapa tahu, harddisk tersebut memang perlu diganti.

Tinggalkan Komentar