Tips dan Trik

Cara Mengubah Font di OPPO A3s Tanpa Root

OPPO A3s Header

Gadgetren – A3s merupakan smartphone OPPO yang saat ini sedang populer di Indonesia. Hal ini bisa terjadi karena smartphone tersebut memiliki spesifikasi hardware menarik, namun dengan harga yang terjangkau.

Apalagi desainnya telah menggunakan layar penuh 6,2 inci yang berteknologi IPS dengan resolusi HD+ (1520 x 720 piksel) dan beraspek rasio 19:9 yang memenuhi bagian depannya. Bahkan poni atau notch mirip iPhone X.

Meskipun layrnya jernih dan nyaman dipandang mata, namun terkadang penggunanya bosan dengan tampilan font atau huruf dari smartphone ini sehingga ingin menggantinya. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran untuk mengubah font di OPPO A3s maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini :

iFont OPPO

Menggunakan Aplikasi iFont

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengunduh dan menginstal iFont dari Google Play Store
  2. Setelah terinstal di OPPO A3s maka Gadgeter dapat membuka aplikasi
  3. Pada halaman utama aplikasi, Gadgeter dapat melihat menu Recom, Find, dan My
  4. Gadgeter dapat secara instan mengakses menu Recom dan pilih Font yang diinginkan
  5. Nantinya apabila sudah dipilih maka Gadgeter dapat memilih menu Download untuk mengunduh Font yang diinginkan
  6. Setelah Font berhasil terinstal maka Gadgeter dapat memilih Set untuk memasang Font pada OPPO A3s
  7. Namun apabila Gadgeter ingin menggantinya maka dapat langsung kembali ke menu Recom untuk melihat Font lainnya

Sementara itu, penggunanya juga dapat mencari Font berdasarkan kata kunci yang diinginkan pada menu Find, baik semua Font atau hanya yang terbaru saja. Selanjutnya, menu My menghadirkan beberapa sub-menu yang terdiri dari My Font, My Download, My Install,  Color Font, Font Size, Settings, hingga Factory Font.

Apabila Gadgeter ingin memasukkan Font sesuai keinginan sendiri dan tidak terdaftar dalam aplikasi ini maka dapat menggunakan My Font yang selanjutnya dapat mencari Font yang dimilikinya pada folder penyimpanannya.

Sementara My Download merupakan sub-menu yang memperlihatkan Font yang telah diunduh menggunakan aplikasi iFont. Selanjutnya, sub-menu My Install akan menghadirkan Font yang telah diinstal pada OPPO A3s.

Apabila Gadgeter ingin mengembalikan Font ke pengaturan awal maka dapat langsung mengakses sub-menu Factory Font. Sebagai catatan, aplikasi iFont ini sangat memudahkan pengguna OPPO A3s dalam mengganti-ganti Font tanpa perlu melakukan root ataupun pengaturan yang susah. Bisa dibilang hanya dalam beberapa langkah yang mudah.

Namun apabila Gadgeter memiliki tutorial untuk mengubah Font di OPPO A3s dengan cara yang berbeda atau lebih mudah lagi maka dapat menuliskanya pada kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan Komentar