Tips dan Trik

Cara Mudah Menampilkan Kontak dari Kartu SIM di HP OPPO

Cara Menampilkan Kontak SIM di HP OPPO Header

Gadgetren – Saat memegang ponsel OPPO untuk pertama kalinya, pasti banyak orang yang bingung kenapa kontak yang tersimpan di dalam kartu SIM miliknya tidak muncul di kontak perangkat.

Bagi sebagian orang, kartu SIM biasanya akan menjadi pilihan utama untuk menyimpan hampir semua daftar kontak miliknya. Hal ini karena akan memudahkannya saat akan berganti perangkat, di mana mereka tidak perlu lagi menyimpannya satu per satu lagi.

Akan tetapi, pada sistem operasi khusus yang dibangun oleh OPPO, secara mendasar hanya kontak perangkat yang akan ditampilkan, sehingga banyak pengguna baru yang akan kebingungan.

Padahal sebenarnya, seperti perangkat Android lainnya, perangkat-perangkat OPPO pun juga dilengkapi dengan fitur ekspor dan impor kontak yang bisa digunakan untuk menampilkan atau memindahkan kontak di kartu SIM ke dalam perangkat.

Nah, bagi kamu yang belum tahu cara menggunakan fitur tersebut, berikut ini cara mudah memindahkan kontak SIM ke dalam perangkat agar dapat muncul di daftar kontak perangkat OPPO.

Cara Menampilkan Kontak yang Tersimpan di Kartu SIM Pada Perangkat OPPO Dengan Opsi Export

  1. Pertama-tama, masuk ke dalam Settings
  2. Selanjutnya gulir ke bawah dan masuk ke opsi System Apps
  3. Dari halaman System Apps, kemudian pilih Contacts
  4. Masuk ke bagian SIM Card Contacts dan pilih SIM yang telah digunakan menyimpan kontak
  5. Akan muncul daftar kontak, kamu bisa mengekspornya secara manual, tapi jika ingin secara langsung kamu bisa memilih Export
  6. Setelah itu, pilih tombol Select All untuk memilih kontak dan pilih Export

Setelah proses selesai, kamu akan diminta untuk menggabungkan kontak jika ada kontak yang sama. Dalam hal ini, kamu bebas untuk memilih Merge atau Cancel tergantung apakah kamu ingin menggabungkan kontak-kontak yang sama tersebut atau tidak.

Dan perlu diperhatikan, cara di atas berlaku untuk ponsel-ponsel OPPO yang telah menggunakan ColorOS terbaru, yang mungkin bisa cukup berbeda dengan sistem lama, dari mulai penempatan dan nama opsi pengaturannya.

Sebenarnya, selain menggunakan kartu SIM untuk membuat cadangan kontak, lebih mudah untuk mencadangkan daftar kontak ke layanan Google, apalagi bagi kamu yang selalu  terhubung dengan layanan internet.

Selain karena kartu SIM memiliki kapasitas yang terbatas, dengan menggunakan layanan Google untuk menyimpan kontak, kamu dapat lebih mudah berganti-ganti perangkat, terutama perangkat-perangkat Android yang notabene menggunakan layanan Google.

Tinggalkan Komentar