ASUS TUF Gaming FX507
Berita

Benarkah Kini Ada FUP di Paket Freedom Combo Indosat?

Indosat Freedom Combo FUP Header

Gadgetren – Indosat Ooredoo harus membuka bulan Desember 2018 dengan maraknya keluhan pelanggan terhadap kecepatan akses internet. 

Produk IM3 selama 2 dekade belakangan ini memang terkenal akan penawarannya yang cukup seimbang mulai dari harga relatif terjangkau, bonus besar, dan cakupan sinyal yang juga terbilang luas walaupun belum bisa mengalahkan si Merah. Operator ini sempat menjadi primadona di kaula muda pada masa layanan SMS masih berjaya. 

DI era yang serba terhubung ini, Indosat IM3 tentu saja mengikuti perkembangan zaman dengan menawarkan jaringan internet kuota besar. Salah satu produk andalan mereka merupakan paket Freedom Combo yang diluncurkan pada tahun 2016 lalu. 

Sesuai namanya, paket ini mengkombinasikan berbagai bonus kuota yang dianggap memberikan keuntungan lebih bagi para pelanggannya dengan harga yang sangat bersaing dibandingkan operator lain. Bahkan pelanggan juga bisa menikmati telepon tanpa batas ke sesama nomor IM3. 

Kecepatan akses internet dalam kondisi normal juga terbilang cukup baik sehingga tidak heran kalau banyak pengguna smartphone yang memilih untuk menggunakan operator satu ini. Namun sayangya di awal bulan Desember 2018 ini banyak yang mengeluhkan kalau Indosat diam-diam menerapkan kebijakan Fair Usage Policy (FUP). 

Biasanya FUP diterapkan pada paket unlimited atau akses tanpa batas untuk menjaga bandwidth jaringan dapat dinikmati oleh seluruh pengguna secara merata sehingga tidak bisa seenaknya mengunduh file dalam jumlah besar. Oleh karena itu sangat mengherankan kalau Indosat memberlakukan FUP ke paket volumed based atau paket dengan kuota. 

Beberapa pelanggan mengeluhkan kalau kecepatan internet Freedom Combo mereka turun drastis seperti yang diungkapkan oleh salah satu pelanggan dengan akun @sakurawws yang sebelumnya pihak Indosat sudah mengatasi komplain tersebut tetapi 10 hari kemudian hal yang sama terjadi. 

Akun @Hantatos bahkan sudah merangkum berbagai tanya jawab yang terjadi antara pelanggan dengan CS Indosat yang saya rasa harus dibaca oleh semua pengguna kartu kuning ini. Banyak pelanggan yang mengeluhkan kalau kecepatan akses turun drastis bahkan seperti tidak bisa dipakai setelah menghabiskan kuota sebesar 20GB dari total 65GB yang disediakan. 

Pihak customer service Indosat sendiri tidak membenarkan telah diterapkannya sistem FUP, namun memang mengatakan kalau sistem akan melakukan penyesuaian kecepatan secara otomatis jika mendeteksi ada penggunaan di atas rata-rata melihat seberapa padat jaringan internet dalam suatu waktu. 

https://twitter.com/Hantatos/status/1067379460985446401

Jika ingin kembali ke kecepatan semula, pihak Indosat menyarankan untuk mengaktifkan paket kembali. Tentunya ini membuat kekesalan pelanggan semakin meradang karena harus mengeluarkan biaya lagi walaupun masih memiliki kuota yang cukup besar. 

Pembagian kuota Freedom Combo sendiri pun sangat jelas dengan adanya kuota utama, kuota 4G, kuota malam, dan kuota lokal sehingga dipastikan kalau Freedom Combo bukanlah paket unlimited atau tanpa batas.  

Hanya saja ada kuota batas pemakaian wajar unlimited apps yang berarti pelanggan dapat mengakses beberapa aplikasi sepuasnya, namun kecepatan akses untuk aplikasi tersebut akan diturunkan jika melewati batas yang telah disesuaikan. 

Banyak pengguna yang mengalami masalah ini memperkirakan kuota unilimited apps dimanfaatkan oleh pihak Indosat untuk membatasi akses internet. Namun untuk hal ini masih kabar angin saja karena pihak Indosat belum memberikan keterangan resmi. 

Satu yang pasti, pengguna kartu Indosat mengeluhkan kecepatan internet yang menurun tiba-tiba seperti terkena FUP yang padahal tidak diterapkan pada paket Freedom Combo. Lalu bagaimana dengan para pembaca? Ada yang mengalami masalah serupa? 

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar