ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Picture-In-Picture di MIUI 10: Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Picture In Picture MIUI 10 Header

Gadgetren – Hadirnya MIUI 10 untuk para pengguna perangkat Xiaomi memang membawa banyak fitur baru. Salah satunya adalah fitur picture-in-picture atau yang biasanya disingkat dengan istilah PIP.

Sejak versi stabilnya dirilis pada bulan September 2018 lalu, MIUI 10 kini telah tersedia untuk berbagai macam perangkat Xiaomi, dari mulai perangkat lama seperti Xiaomi Mi 4 hingga perangkat baru.

MIUI 10 merupakan sistem khusus yang dibangun Xiaomi berdasarkan Android 8 Oreo (beberapa menggunakan Android 9 Pie) dengan beberapa fitur yang mencuri fitur Android 9 Pie, seperti tombol slider volume vertikal hingga gesture untuk navigasi.

Berbekal sistem Android 8 Oreo, sistem khusus buatan Xiaomi ini pun mengusung banyak fitur yang dibawa oleh sistem Android tersebut. Salah satunya adalah fitur picture-in-picture yang cukup banyak dinanti-nanti.

Sekilas, picture-in-picture sebenarnya merupakan fitur yang ada pada TV atau perangkat serupa lainnya. Yang mana dengan fitur ini, sebuah program yang ditampilkan penuh pada layar dapat berjalan bersamaan dengan program lain yang disisipkan di layar.

Sejak Google mengenalkan Android 8 Oreo, fitur ini pun diadopsi oleh Google menjadi salah satu fitur dari sistem operasi Android tersebut. Dengan demikian, para pengguna dapat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Berbeda dengan fitur split screen yang telah ada sebelumnya, picture-in-picture tidak membagi layar menjadi dua tampilan, melainkan menggunakan tampilan melayang selayaknya picture-in-picture di TV.

Di perangkat Xiaomi sendiri, fitur picture-in-picture bisa diaktifkan pada MIUI 10 dengan membuka Settings dan masuk ke Additional settings. Selanjutnya, pilih opsi Privacy dan pilih opsi Picture-in-picture.

Di halaman Picture-in-picture, pengguna dapat mengatur aplikasi apa saja yang akan diizinkan untuk mengakses fitur picture-in-picture. Dalam hal ini, tidak semua aplikasi didukung oleh fitur ini.

Setelah itu, pengguna pun perlu mengatur aplikasi yang akan diaktifkan menggunakan fitur tersebut. Misalnya, pada aplikasi VLC, penggunaan dapat masuk ke Preferences, kemudian BG/PIP mode dan mengaktifkan Play videos in picture-in-picture mode.

Untuk menggunakannya, pengguna Xiaomi dapat memberikan membuka video dengan menggunakan aplikasi VLC. Kemudian pada saat video telah diputar, tekan tombol home. Secara otomatis, tampilan video akan berubah menjadi layar melayang.

Perlu diperhatikan, hanya beberapa aplikasi saja yang mendukung fitur picture-in-picture ini. Selain itu pun, untuk mengaktifkannya pada masing-masing aplikasi diperlukan langkah yang berbeda-beda setiap aplikasi.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar