ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi

3 Aplikasi Remote TV Buat Kamu yang Tak Mau Ribet Cari Remote TV Lagi

Aplikasi Remot TV Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren –  Bagi kamu yang suka lupa meletakkan remote TV, kamu kini bisa menggunakan salah satu aplikasi remote yang telah banyak tersedia di Google Play Store untuk mengubah saluran TV.

Sebagaimana kita tahu, kebanyakan perangkat dengan sistem remote menggunakan Infared (IR) atau infra merah sebagai media transmisinya. Oleh karena itu, agar ponsel Android dapat mengemulsi perintah melalui IR, dibutuhkan perangkat dengan dukungan IR blaster di dalamnya.

Secara mendasar, perangkat IR Blaster telah tersedia dalam beberapa ponsel Android yang datang beberapa waktu belakangan ini. Namun, jika ponselmu tidak didukung fitur ini, kamu bisa membeli perangkat IR Blaster tambahan yang biasanya bisa digunakan melalui jack audio.

Selanjutnya, untuk menggunakan IR Blaster ini, kamu perlu memasang salah satu aplikasi remote TV dari Google Play Store. Namun bagi kamu yang belum tahu, berikut ini beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan.

Universal TV Remote – Zaza Remote

Universal TV Remote – Zaza Remote merupakan salah satu aplikasi remote yang cukup bisa menjadi pilihan karena memiliki database remote control yang sangat banyak. Tidak hanya TV, bahkan juga perangkat lain, seperti AC, DVD, dan lain sebagainya.

Menariknya, selain bisa mendukung IR Blaster bawaan dari ponsel, aplikasi ini mendukung IR Blaster tambahan, yang notabene tidak didukung oleh semua jenis aplikasi remote karena menggunakan jalur suara sebagai alternatifnya.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui halaman Google Play Store berikut ini.

Peel Smart Remote

Aplikasi remote buatan Peel Technologies ini juga bisa menjadi alternatif remote TV, tetapi secara khusus hanya berlaku bagi pengguna yang memiliki ponsel Android dengan IR Blaster tertanam di dalam perangkatnya.

Selain mudah digunakan untuk mengontrol TV, AC, dan peralatan lainnya, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur unggulan, seperti kemudahan untuk membuat daftar pilihan saluran TV dan memiliki lockscreen yang kaya dengan fitur.

Guna mengunduh aplikasi ini, kamu bisa mengunjungi halaman berikut ini.

Mi Remote Controller

Mi Remote controller merupakan aplikasi remote universal buatan Xiaomi. Namun meskipun demikian, aplikasi ini tetap bisa digunakan untuk semua perangkat seluler yang memiliki IR Blaster tertanam di dalamnya.

Menariknya, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengontrol smart TV, seperti Mi TV, Mi Box, atau smart TV dari produsen lain, menggunakan protokol standar melalui jaringan Wi-Fi. Dan khusus untuk fitur ini, bisa digunakan pada semua perangkat Android yang mendukung Wi-Fi.

Untuk mengunduhnya, kamu bisa membuka Google Play Store melalui halaman berikut ini.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar