Tips dan Trik

Cara Membuat E-mail di Layanan Gmail Melalui HP Buat Kamu yang Tidak Ingin Ribet

Cara Membuat Email di HP Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – E-mail merupakan salah satu media yang cukup sering digunakan oleh banyak orang dalam berkomunikasi, terutama komunikasi-komunikasi dalam urusan bisnis atau kepentingan yang cukup resmi.

E-mail yang memiliki kepanjangan electrionic mail atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan surel (surat elektronik) ini adalah sarana kirim mengirim surat yang menggunakan jaringan komputer atau menggunakan internet salah satunya.

Konsep bertukar pesan melalui jaringan komputer ini pertama kali dikenalkan oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971 saat bekerja untuk Bolt Beranek and Newman “BBN” milik lembaga pertahanan Amerika.

Konsep tersebut pada akhirnya digunakan untuk khalayak umum pada tahun 1980-an dan kemudian diteruskan hingga sekarang oleh beberapa platform digital, termasuk Google melalui layanan Gmail salah satunya.

Menariknya, kini untuk mengakses layanan e-mail, para pengguna tidak lagi memerlukan perangkat komputer, karena banyak perangkat seluler yang bisa digunakan untuk mengakses layanan tersebut, termasuk untuk membuat akun dan mengirim surat.

Terutama bagi kamu yang menggunakan perangkat Android, tentu saja kamu pun tidak akan asing untuk urusan ini, karena untuk menggunakan perangkat tersebut biasanya kamu harus menggunakan layanan e-mail Google, yang rencananya tidak akan lagi digratiskan di beberapa wilayah.

Terkhusus bagi kamu yang belum tahu cara menggunakan aplikasi Gmail di perangkat Android, terutama untuk membuat akun e-mail, kamu bisa menyimak ulasan berikut di bawah ini.

Cara Membuat E-Mail pada Layanan Gmail di HP Android

  1. Buka aplikasi Gmail dalam perangkat yang kamu gunakan
  2. Pilih Menu di pojok kiri atas, dan ketuk pada akun atau alamat e-mail lama
  3. Selanjutnya, pilih opsi Add account dan pilih Google
  4. Pada halaman Sign in, pilih tombol Create account
  5. Isi formulir seperti yang diminta, dari mulai nama, tanggal lahir, jenis kelamin, alamat yang diinginkan, dan password yang akan digunakan
  6. Ketuk tombol Next pada setiap langkah
  7. Selanjutnya, kamu pun bisa menambahkan opsi nomor telepon pada kolom yang tersedia untuk mengamankan akun, kemudian ketuk Yes, I’m in
  8. Baca ketentuan dan kebijakan privasi dari Google, dan lanjutkan dengan mengetuk tombol I agree
  9. Akhiri pembuatan akun dengan mengetuk tombol Next

Cara Membuat Email di HP

Sebagai catatan, bagi kamu yang sama sekali belum pernah memakai akun Google, kamu akan melewati beberapa langkah, karena kamu akan langsung dibawa masuk ke halaman Sign in di aplikasi Gmail pada perangkat Android.

Tinggalkan Komentar