Tips dan Trik

3 Cara Cek IMEI HP dengan Cepat dan Mudah

Samsung Galaxy J7 Duo Header

Gadgetren – IMEI merupakan kepanjangan dari Internation Mobile Stasion Equipment Identity. Bisa dibilang IMEI merupakan angka yang wajib hadir di setiap perangkat mobile, baik smartphone maupun tablet dengan dukungan jaringan seluler.

Biasanya IMEI ini terdiri dari 15 digit yang mempunyai informasi atau identitas diri dari smartphone tersebut. Selain itu, apabila dukungan kartu SIM lebih dari dua atau lebih maka secara otomatis IMEI yang dimiliki smartphone pun menjadi lebih banyak.

Nah, tentu saja sebagaian Gadgeter pasti penasaran bagaimana untuk mengetahui nomor IMEI dari smartphone yang dimilikinya. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran untuk mengetahuinya maka dapat melihat tutorialnya sebagai berikut ini.

Cara Cek IMEI HP Semua Merk

Menggunakan kode *#06#

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka aplikasi Phone atau Telepon pada smartphone yang dimiliki
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat mengetikkan kode *#06#
  3. Kemudian, Gadgeter dapat menekan tombol Call berlambang telepon
  4. Nantinya smartphone secara otomatis akan menampilkan nomor IMEI dari smartphone tersebut

Bisa dibilang semua smartphone atau telepon dunia bisa menggunakan kode ini untuk menampilkan IMEI. Dengan kata lain sangat memudahkan penggunanya tanpa perlu repot menggunakan aplikasi tambahan

Menggunakan menu Settings

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka menu atau aplikasi Settings
  2. Pada halaman menu Settings, Gadgeter dapat memilih menu About Phone
  3. Dalam halaman menu About Phone akan langsung tampil nomor IMEI (Namun beberapa smartphone harus membuka menu Status yang ada di dalam About Phone terlebih dahulu)

Apabila Gadgeter bosan untuk menggunakan kode *#06# maka dapat melihatnya menggunakan menu Settings ini. Namun apabila penggunanya ingin melihat pada feature phone, bukan smartphone maka menggunakan menu Settings biasanya tidak bisa

Melihat pada dus smartphone

  1. Pertama, Gadgeter dapat melihat nomor IMEI pada bagian belakang dus smartphone
  2. Selanjutnya, jumlah IMEI yang ditampilkan pada dus akan disesuaikan dengan banyaknya kartu SIM yang tersedia

Bisa dibilang ini merupakan alternatif yang dapat dilakukan apabila Gadgeter baru membeli smartphone tersebut di counter maka dapat langsung melihatnya. Namun apabila Gadgeter sedang di kantor atau beraktivitas lain tanpa membawa dus maka menggunakan kode dan menu Settings merupakan cara yang bisa dibilang praktis untuk mengecek IMEI.

Tinggalkan Komentar