Tips dan Trik

Cara Membeli Token Listrik Secara Online di Tokopedia dan Bukalapak

Cara Beli Token Listrik Secara Online Header[Ilustrasi oleh Pixabay]

Gadgetren – Membeli token listrik sekarang ini dapat dilakukan dengan lebih mudah karena kamu kini bisa membelinya melalui berbagai macam layanan elektronik yang sudah menjamur di Indonesia.

Sejak tahun 2008, Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah berupaya melakukan migrasi dari penggunaan listrik pascabayar menjadi listrik prabayar, yakni sebuah sistem langganan listrik yang mengharuskan pengguna melakukan pembayaran di muka dengan sistem token (voucher isi ulang).

Hal ini dilakukan terutama agar para pengguna dapat lebih hemat dalam menggunakan listrik karena dengan sistem baru ini para pelanggan hanya perlu mengeluarkan biaya sesuai dengan penggunaannya.

Pada saat awal sistem listrik prabayar ini diluncurkan, para pelanggan dulunya hanya bisa membeli token listrik melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri), Bank, Kantor Pos, dan beberapa toko yang menjadi mitra PLN.

Namun dengan pesatnya teknologi informasi, kini banyak layanan elektronik yang mulai menyediakan token listrik, sehingga para pengguna dapat membeli token hanya dengan ponsel pintar atau komputer melalui jaringan internet.

Dalam hal ini, tentu saja layanan e-commerce, yakni layanan jual-beli berbasis sistem elektronik, termasuk ke dalam salah satu layanan yang menyediakan atau menjual token listrik. Di Indonesia sendiri, dua platform yang cukup populer dalam hal ini adalah Tokopedia dan Bukalapak.

Melalui kedua platform toko online ini, pengguna dapat dengan mudah mendapatkan token listrik di manapun dan kapanpun. Untuk mendapatkannya, pengguna hanya perlu masuk ke salah satu platform tersebut.

Secara lebih detail, bagi kamu yang belum tahu cara melakukannya, berikut di bawah ini cara membeli token listrik secara online melalui ke dua platform tersebut.

Cara Membeli Token Listrik Secara Online di Tokopedia/Bukalapak

  1. Buka halaman pembelian token listrik di Tokopedia atau Bukalapak
  2. Selanjutnya, ubah pilihan ke Token Listrik (Tokopedia) atau Prabayar (Bukalapak)
  3. Masukan Nomer Meter atau ID Pelanggan pada kolom yang sesuai
  4. Kemudian pilih nominal yang ingin kamu beli dan klik Beli (Tokopedia) atau Beli Token (Bukalapak)
  5. Tekan LANJUT jika muncul konfirmasi
  6. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang akan digunakan, dan ikuti langkah-langkah yang diberikan
  7. Lakukan pembayaran sesuai dengan metode yang dipilih
  8. Setelah pembayaran berhasil, kamu dapat melihat token listrik yang berhasil kamu beli melalui Daftar Transaksi (Tokopedia) atau Transaksi (Bukalapak)

Cara Beli Token Listrik Secara Online

Selain melalui dua platform toko online di atas, kamu pun bisa membeli token listrik melalui beberapa platform pembayaran digital, seperti TCASH dari Telkomsel, atau dari layanan online lain, seperti GO-JEK.

Tinggalkan Komentar