Tips dan Trik

Cara Mengirimkan Aplikasi Android yang Terpasang di Perangkat Lewat WhatsApp

Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Meskipun dibangun tanpa adanya fitur untuk berbagi aplikasi Android, aplikasi WhatsApp ternyata juga bisa digunakan untuk mengirimkan berbagai macam aplikasi ke pengguna lain.

Sebagai sumber informasi, WhatsApp merupakan salah satu platform pesan instan online di bawah naungan Facebook Inc yang menawarkan banyak keunggulan, dari mulai untuk mengirimkan berbagai macam konten, panggilan suara, hingga panggilan video.

Aplikasi ini tersedia secara gratis di berbagai macam toko aplikasi, termasuk Google Play Store untuk perangkat Android, tetapi di masa mendatang aplikasi pesan instan ini akan ditempeli dengan iklan untuk monetasinya.

Meskipun memiliki fitur yang sangat komplit, sayangnya aplikasi yang dibangun di bawah naungan Facebook Inc ini secara mendasar tidak dilengkapi dengan fitur berbagi aplikasi Android yang cukup penting bagi sebagian orang.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin berbagi aplikasi dengan menggunakan aplikasi pesan instan ini, kamu harus sedikit mengakalinya dengan menggunakan fitur berbagi Dokumen, yang mana terlebih dahulu kamu harus memiliki file APK dari aplikasi yang akan dikirimkan.

Selain itu pun, kamu hanya bisa mengirimkan file APK dari aplikasi tersebut yang tercatat dalam Recent File alias file yang baru saja dibuka atau diperoleh, atau mengirimkan file APK dari penyimpan memori eksternal.

Untuk membagikan aplikasi yang telah terpasang di perangkat (termasuk aplikasi dari Google Play Store), kamu memerlukan aplikasi pihak ketiga, seperti yang dijelaskan pada langkah-langkah berikut ini.

Cara Mengirimkan Aplikasi Android Lewat WhatsApp

  1. Pertama-tama, unduh aplikasi ES File Explorer File Manager dari APKPure
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi tersebut, lalu klik Agree and Continue dan klik START NOW untuk penggunaan pertama kali
  3. Dari halaman utama aplikasi, kemudian klik APP
  4. Cari aplikasi yang akan dibagikan dan pilih dengan menekannya beberapa saat sampai muncul menu di bagian bawah layar
  5. Selanjutnya, pilih opsi Share dari menu yang ditampilkan, dan pilih WhatsApp
  6. Pada halaman Send to di aplikasi WhatsApp, cari dan pilih pengguna yang ingin kamu tuju, kemudian pilih ikon Kirim di pojok kanan bawah halaman tersebut

Cara Mengirim Aplikasi Lewat WhatsApp

Menariknya, dengan menggunakan ES File Explorer File Manager tersebut, kamu bisa mengirimkan lebih dari satu file aplikasi yang sudah terpasang di perangkatmu. Kamu pun bisa mengirimkan file kebanyak pengguna sekaligus.

Tinggalkan Komentar