Tips dan Trik

Cara Logout Akun Gmail Buat Kamu yang Kebanyakan Akun di Perangkat Android

Cara Logout Gmail di Android Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Tidak bisa dipungkiri, untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dari perangkat bersistem operasi Android, kamu harus menambahkan akun Google ke dalam perangkat tersebut.

Tentu saja, bagi kamu yang tidak memiliki akun Google pun, kamu bisa membuat akun baru, supaya fitur-fitur tersebut dapat kamu gunakan, seperti salah satunya untuk berkomunikasi melalui e-mail dan mengakses toko aplikasi Google Play Store.

Menariknya, selain bisa menambahkan akun utama, kamu pun bisa menambahkan banyak akun Google lain ke dalam perangkat yang sama. Namun tentu saja, semua hal akan tersinkronisasi alias kamu akan terganggu dengan banyak notifikasi.

Sebut saja, semua akun Google yang ditambahkan akan masuk juga di aplikasi Gmail, sehingga kamu akan memperoleh banyak notifikasi saat akun Google yang kamu tambahkan berjumlah banyak. Tetapi, tergantung juga dengan seberapa sering masing-masing akun menerima e-mail.

Untuk hal ini, Google menegaskan bahwa tidak ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengeluarkan atau logout akun Gmail tanpa mengeluarkan akun Google dari perangkat. Namun, bagi kamu yang tetap ingin mengeluarkan akun Gmail dari perangkat Android, berikut ini ulasannya.

Cara Logout atau Keluar dari Gmail di Perangkat Android

  1. Buka halaman Accounts melalui Settings di perangkatmu
  2. Kemudian pilih akun Google yang akan kamu keluarkan dari perangkat
  3. Selanjutnya pilih tombol REMOVE ACCOUNT
  4. Jika muncul konfirmasi, pilih tombol yang sesuai (bisa OK, YES, ataupun REMOVE ACCOUNT lagi)

Cara Logout Gmail di Android

Selain bisa membukanya melalui Settings, kamu bisa membuka halaman Accounts melalui aplikasi Gmail secara langsung, dengan mengetuk menu di pojok kiri atas, mengetuk nama akunmu, memilih Manage Accounts.

Namun perlu diperhatikan, saat kamu menghapus akun Google dari perangkat yang kamu gunakan, maka akun tersebut pun akan dihapus dari semua aplikasi buatan Google yang tersinkronisasi di perangkat tersebut.

Selain itu, kamu tak perlu khawatir, karena dengan menghapus akun Google dari perangkat tidak berarti bahwa akun tersebut akan dihapus dari layanan Google, alias kamu masih bisa menggunakannya kembali melalui perangkat yang sama maupun perangkat lain.

Tentu saja, hal ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menjual atau memberikan ponsel Android yang kamu miliki kepada orang lain. Dengan cara ini, data-data dan informasi pribadimu akan lebih aman karena akan terhapus dari perangkat tersebut.

Leave a Comment