Tips dan Trik

Cara Menghilangkan Kamus dan Koreksi Otomatis di Keyboard ZenUI Bawaan Semua Tipe Ponsel ASUS

Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard ASUS Header

Gadgetren – ASUS merupakan produsen elektronik asal Taiwan yang cukup populer di kalangan masyarakat, yang salah satunya dikarenakan memiliki berbagai macam ponsel, yang mengusung nama Zenfone.

Kiprah ASUS dalam bidang ponsel memang tidak main-main. Bisa dilihat, beragam ponsel buatannya selalu menghadirkan keunggulan dibandingkan dengan merek lainnya, termasuk salah satunya adalah adanya fitur ZenUI.

Bagi yang belum tahu, ASUS ZenUI merupakan antarmuka layar sentuh front-end yang dikembangkan oleh ASUS bersama dengan mitranya, untuk memberikan antarmuka layar sentuh secara penuh bagi para pengguna.

Hampir sama dengan antarmuka pengguna dari ponsel lainnya, seperti MIUI maupun Touchwiz, ZenUI memiliki beberapa fitur khas yang dikembangkan untuk membantu para pengguna dalam menggunakan ponsel layar sentuh.

Salah satu fitur khas dari antarmuka ini adalah keyboard virtual yang dilengkapi dengan berbagai macam kelebihan, termasuk dukungan kamus dan koreksi otomatis yang akan mempermudah dan mempercepat pengguna saat mengetik pesan, artikel, dan lain sebagainya.

Hanya saja, seperti keyboard pada umumnya, bagi kamu yang suka menulis kata-kata yang tidak baku atau di luar kamus, kamu akan sedikit kerepotan karena kadang secara otomatis kata-kata tersebut akan berubah menjadi kata berbeda menyesuaikan kamus.

Nah, bagi kamu yang mengalami hal tersebut, kamu sebenarnya dapat mengatur sendiri bagaimana fitur koreksi otomatis dan kamus tersebut akan bekerja, termasuk untuk menonaktifkannya.

Cara Menghilangkan Kamus dan Koreksi Otomatis di Keyboard ZenUI Bawaan Semua Tipe Ponsel ASUS

  1. Pertama-tama, buka Setelan di perangkat yang kamu gunakan
  2. Selanjutnya, gulir dan cari opsi Bahasa & masukan
  3. Masuk ke dalam opsi Keyboard virtual, kemudian pilih Keyboard ZenUI
  4. Ketuk pada bagian Masukan cerdas, kemudian pilih Koreksi otomatis
  5. Ubah preferensi ke Tidak aktif
  6. Selanjutnya, untuk menghilangkan prediksi kata, ketuk Tampilkan saran kata
  7. Kemudian ubah pengaturannya ke Selalu sembunyikan

Cara Menghilangkan Kamus di Keyboard ASUS

Selain itu, kamu pun bisa menonaktifkan Prediksi kata selanjutnya, Pemilihan kata ulang, Huruf besar otomatis, dan Tanda baca otomatis, untuk membuat Keyboard ZenUI menjadi lebih personal, alias apa yang diketik sesuai dengan yang ditampilkan.

Bagi kamu yang tidak menemukan opsi ini, bisa jadi ponsel yang kamu miliki memiliki nama atau letak fitur yang berbeda karena perbedaan versi sistem operasi, sehingga kamu bisa menyesuaikan langkah-langkah di atas sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan.

Leave a Comment