Berita

Cara Melihat MAC Address di Laptop dan PC Windows 10

Cara Melihat MAC Address header

Gadgetren – Setiap perangkat yang dapat terhubung ke jaringan mempunyai sebuah alamat unik bernama MAC Address. Bagaimana cara melihatnya?

MAC Address sendiri adalah rangkaian alamat unik yang yang digunakan sebagai representasi node tertentu dalam sebuah jaringan agar dapat saling berkomunikasi. Setiap port baik itu LAN maupun WiFi akan memiliki alamat yang berbeda-beda sehingga perangkat dapat teridentifikasi satu per satu.

Untuk pengguna biasa, MAC Address tidak lah harus diketahui karena dibandingkan alamat IP yang lebih sering digunakan. Walaupun begitu bukan berarti MAC Address tidak kalah pentingnya untuk diketahui.

Jika kamu seseorang yang sering “oprek” perangkat maka MAC Address sering ditemui khususnya saat mengatur jaringan router untuk memblokir perangkat yang tidak dikenal maupun memasukan perangkat utama kamu ke dalam daftar putih.

Nah untuk itu ada beberapa cara melihat MAC Address di laptop maupun komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Berikut langkah yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan  MAC Address perangkat kamu pribadi kamu.

Cara Melihat MAC Address Lewat CMD

  1. Jalankan Command Prompt melalui start menu dengan cukup mencari cmd.
  2. Setelah terbuka, ketikan ipconfig /all dan tekan enter untuk memasukan perintah.
  3. Kemudian akan muncul seluruh informasi mengenai alamat IP dan kamu tinggal mencari baris Physical Address dari adapter yang digunakan.MAC Address Command Prompt

Lewat Network Settings

  1. Buka Control Panel lalu kunjungi Network and Internet > Network Connection.
  2. Kemudian akan muncul adapter jaringan dari perangkat kamu. Pastikan adapter yang diinginkan lalu klik kanan dan pilih status > details.
  3. Cari baris yang bertuliskan Physical Address.

MAC Address Network Adapter

Mudah bukan? Dengan cara melihat MAC Address ini sekarang kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari IP Address saat ingin memasukan perangkat pribadi kamu ke dalam daftar putih jaringan rumah atau lainnya. Selain perangkat komputer, MAC Address pastinya juga bisa ditemukan pada perangkat lainnya termasuk smartphone.

Tentu saja MAC Address ini tetap dapat diubah walaupun tidak lah mudah untuk dilakukan. Biasanya jika ada pengguna yang mengubah MAC Address, kemungkinan besar pengguna tersebut punya niat yang tidak baik saat masuk ke dalam suatu jaringan.

Jadi, berhati-hati lah jika kamu menemukan perangkat yang tidak dikenal di dalam jaringan WiFi rumah.

Leave a Comment