Tips dan Trik

Cara Mengganti Font Biar Tampilan di Ponsel Oppo A83 Makin Bagus

Cara Ganti Font OPPO A83 Header

Gadgetren – Membawa kecanggihan Oppo F5 ke versi yang lebih murah, Oppo menghadirkan Oppo A83 ke pasar Rp 2 Jutaan tanpa hadirnya sensor fingerprint sebagai perbedaan yang paling kentara.

Oppo A83 ini hadir dengan prosesor yang sama dengan Oppo F5, yakni prosesor MediaTek MT6763T Helio P23 Octa-core, dengan varian RAM 3GB dan RAM 4 GB di Indonesia.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur andalan Oppo, seperti fitur Face Unlock dan juga kamera selfie dengan dukungan sistem kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI).

Sementara itu, sangat disayangkan, kelemahan Oppo F5 ternyata juga hadir di Oppo A83, di mana perangkat ini tidak dilengkapi fitur ganti font secara default, yang bagi sebagian orang penting untuk membuat tampilan perangkat yang lebih pas.

Tapi kamu tidak perlu khawatir untuk hal ini, karena kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan beberapa langkah di bawah ini.

Cara Mengganti Font di Oppo A83

  1. Pertama-tama, hal yang perlu kamu lakukan adalah membuat cadangan aplikasi Theme Store asli dari perangkatmu, karena nantinya kamu harus menggantinya.
  2. Jika sudah selesai membuat cadangan, kamu bisa mengunduh aplikasi Theme Store versi Tiongkok untuk Oppo F5.
  3. Setelah berhasil diunduh, instal aplikasi tersebut, namun jangan lupa mengaktifkan pengaturan Instal Aplikasi dari Sumber Tidak Dikenal.
  4. Bagi kamu yang belum mengaktifkan, kamu dapat mengaktifkannya melalui Pengaturan, kemudian Pengaturan Tambahan, dan masuk ke pengaturan Keamanan dan privasi.
  5. Jika sudah berhasil diinstal, masuk dulu ke Pengaturan dan buka Manajemen Aplikasi.
  6. Cari aplikasi Theme Store, kemudian pilih aplikasi tersebut.
  7. Setelah itu, paksa berhenti aplikasi Theme Store dengan mengetuk tombol Paksa berhenti dan bersihkan data dengan mengetuk tombol Hapus data.
  8. Jika muncul konfirmasi, pilih tombol yang sesuai.
  9. Setelah selesai, buka aplikasi Theme Store.
  10. Jika muncul pop up dalam bahasa Tiongkok (nantinya aplikasi akan menggunakan bahasa ini), klik tombol yang sebelah kanan.
  11. Tunggu sebentar, kemudian kamu dapat mengatur gender dengan menekan tombol yang sesuai.
  12. Selanjutnya, tekan tombol berwarna hijau di bagian bawah.
  13. Di layar utama aplikasi, pilih menu bergambar ikon huruf Aa di bagian bawah layar.
  14. Tunggu loadingnya, dan pilih font yang ingin kamu gunakan.
  15. Sebagai catatan, font yang menampilkan tombol hijau dengan angka merupakan font berbayar.
  16. Setelah memilih font, pilih tombol hijau di bagian bawah untuk mengunduh font.
  17. Tunggu proses mengunduh font tersebut, dan klik tombol hijau sekali lagi untuk menerapkannya ke sistem.

Pastinya ada yang bertanya, mengapa Theme Store yang digunakan merupakan Theme Store versi Tiongkok untuk Oppo F5? Ya, karena sebenarnya cara ini merupakan cara untuk mengganti font di perangkat tersebut.

Namun ternyata, cara tersebut juga berhasil diterapkan pada ponsel Oppo A83. Hal ini telah diuji dan dibagikan oleh oleh DN Chanel di saluran YouTube miliknya.

Tinggalkan Komentar

3 Komentar

  • saya awalnya coba instal kmdian sy terapkan bisa, gonta ganti font bisa, lalu su uninsttal pgn aplikasi bawaan kan ,trs sy instal lagi, kok ga bisa digunakin, tiap klik ganti font slalu kluar lagi, udah sy instal uninstal restat, hpus data ttp ga bisa, bisa kasih solusi? pdhl sblmnya bisa, pliss solusi ya, di email saya trims…