Aplikasi

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Semua Perangkat Samsung

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung Header

Gadgetren Р Untuk melindungi aplikasi dan konten-konten yang bersifat pribadi bagi pengguna, Samsung sebenarnya telah mengembangkan aplikasi khusus buatannya sendiri, yakni Secure Folder.

Dengan menggunakan aplikasi Secure Folder buatan Samsung ini, pengguna dapat menyembunyikan aplikasi dan konten seperti foto atau video agar tidak mudah dijangkau oleh orang lain.

Samsung Secure Folder akan memastikan aplikasi dan konten-konten pribadi pengguna tersebut tetap aman, meskipun perangkat dalam kondisi tidak terkunci.

Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu membuka aplikasi Secure Folder melalui daftar aplikasi, kemudian mengetuk tombol START, dan sign in ke akun yang kamu miliki. (Jika belum punya, kamu sebaiknya daftar dulu sebelumnya)

Jika sudah, kamu akan diminta untuk menentukan metode keamanan yang akan kamu gunakan. Dalam hal ini, kamu bisa memilih metode Pola, PIN, Password, atau menggunakan pemindai sidik jari.

Setelah itu, kamu dapat memilih aplikasi atau konten-konten pribadi yang ingin kamu amankan dari jangkauan orang lain melalui shortcut yang muncul di halaman home atau app screen ponsel Samsung yang kamu gunakan.

Cukup mudah bukan? Meskipun demikian, ada satu hal yang sangat disayangkan dari aplikasi ini. Aplikasi yang menjamin keamanan pengguna Samsung ini hanya bisa digunakan untuk perangkat Samsung yang berjalan di sistem operasi Android 7 atau yang lebih baru.

Lalu, bagaimana dengan perangkat Samsung yang berjalan dengan versi yang lebih lama? Apakah tetap bisa menggunakan fitur Secure Folder di perangkat tersebut?

Kamu tidak perlu khawatir dalam hal ini, meskipun tidak bisa menggunakan aplikasi buatan Samsung, kamu masih bisa memanfaatkan aplikasi serupa dari pihak ketiga yang cukup banyak beredar di Google Play Store.

Salah satunya, kamu bisa menggunakan Privacy Hider untuk ponsel Samsung yang kamu miliki. Aplikasi tersebut dapat kita gunakan untuk menyembunyikan privasi yang kita miliki, termasuk di dalamnya aplikasi.

Namun berbeda dengan aplikasi bawaan dari Samsung, aplikasi ini akan membuat kloning dari aplikasi yang akan disembunyikan terlebih dulu, dan menguncinya dalam bentuk aplikasi kalkulator.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut melalui halaman Google Play Store, dan menggunakannya seperti pada ponsel Android umumnya. Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga ini, kamu bisa mengamankan data pribadi dan mengunci aplikasi untuk perangkat Samsung seri apapun.

Leave a Comment