Tips dan Trik

Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di Xiaomi Bisa? Coba Solusi Ini!

cara memindahkan aplikasi ke sd card xiaomi Header

Gadgetren – Memiliki ponsel yang memiliki memori terbatas memang cukup menjengkelkan. Mau instal aplikasi baru, memori tidak tersedia. Mau download musik, memori ruang tidak tersedia.

Serba terbatas lah pokoknya. Tidak bisa ini dan itu, membuat sebagian orang berupaya untuk memindahkan data aplikasi, yang notabene memakan banyak ruang, ke memori eksternal atau SD card di ponselnya.

Lalu, tak jarang orang kesusahan dalam hal ini. Karena beberapa perusahaan pengembang perangkat beranggapan bahwa SD card memiliki kecepatan transfer yang tidak stabil untuk digunakan.

Akibatnya, secara default, fitur memindahkan data aplikasi ke SD card tidak diberikan. Hal ini pun berlaku juga pada sebagian besar perangkat yang dikembangkan oleh Xiaomi.

Cara Memindahkan Data Aplikasi Ke Dalam SD Card Untuk Ponsel Xiaomi

Cara yang paling berhasil untuk memindahkan data aplikasi ke SD Card untuk perangkat Xiaomi adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang membutuhkan hak akses secara penuh, alias kamu harus melakukan rooting perangkatmu.

Namun, saya tidak merekomendasikan cara ini, terkhusus bagi mereka yang masih awam dalam hal oprek-mengoprek ponsel Android, karena root membuat perangkat menjadi lebih rentan terkena serangan.

Selain itu, dengan membuka akses dengan root perangkat yang kamu miliki, biasanya klaim garansi juga akan hilang meskipun ponsel mengalami kerusakan di dalam masa garansi.

Lalu, Bagaimana Solusinya?

  1. Kamu dapat memperluas memori internal dengan menghapus aplikasi dan data yang tidak terpakai, serta membersihkan cache
  2. Bijak dalam menginstal aplikasi, instal aplikasi yang benar-benar dibutuhkan
  3. Kamu juga bisa mengakalinya dengan memindahkan data-data yang bisa dipindahkan ke dalam SD Card, seperti video, musik, gambar, dan lain sebagainya
  4. Kamu bisa mencoba menggunakan layanan cloud untuk menyimpan berbagai macam data pribadi

Meskipun beberapa solusi di atas tidak serta merta membuat memori internalmu menjadi semakin luas, dibandingkan harus melakukan root pada perangkat, solusi tersebut lebih aman untuk dilakukan.

Tidak ada klaim garansi yang akan hilang, perangkat ponsel tidak akan rentan terhadap serangan, kerusakan sistem karena kesalahan mengoprek dapat terminimalisir, dan beberapa kerugian lain dapat diantisipasi.

Leave a Comment