Tips dan Trik

Biar Tidak Ditilang, Atasi Peraturan Ganjil Genap Dengan Google Maps!

Ganjil Genap Google Maps Header

Gadgetren – Bukan rahasia lagi, pemerintah Jakarta secara resmi telah memberlakukan peraturan pelat ganjil-genap guna mengurangi angka kemacetan yang terjadi di sebagian besar wilayahnya.

Dengan berlakunya peraturan ini, kamu yang ingin bepergian di wilayah Jakarta harus menyesuaikan penggunaan kendaraan. Jangan sampai melintas di wilayah ganjil-genap dengan pelat nomor yang berbeda dengan aturan di hari itu.

Tidak harus beli motor baru dengan pelat yang berbeda kok untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan aplikasi navigasi yang biasanya menjadi aplikasi bawaan perangkat Android, yakni Google Maps, guna mengatasinya.

Cara Menghindari Jalur Ganjil-Genap Dengan Google Maps

  1. Sudah punya Google Maps bukan? Kalau belum kamu bisa menginstalnya melalui halaman Google Play Store berikut
  2. Jika sudah kamu bisa masuk ke aplikasi tersebut, buka menu pada pojok kiri atas, dan pilih Settings pada bagian bawah
  3. Kemudian cari opsi Navigation settings, lalu masuk ke dalam opsi pengaturan tersebut
  4. Setelah itu, pilih menu Avoid odd-even traffic fines untuk mengatur ganjil-genap pelat nomor yang kamu miliki
  5. Jika muncul menu Save your car’s license plate type, centang odd plate untuk pelat ganjil atau even plate untuk pelat genap
  6. Klik Save untuk menyimpan pengaturan tersebut
  7. Kamu bisa mengatur ulang pelat ganjil-genap menggunakan cara yang sama

Ganjil Genap Google Maps - Cara Menggunakan

Setelah mengikuti beberapa langkah mengatur pelat ganjil-genap untuk Google Maps di atas, Google secara otomatis akan mencarikan jalur yang sesuai dengan pelat nomor kendaraanmu disesuaikan dengan tanggal ganjil-genap yang berlaku.

Sebenarnya, saat menggunakan aplikasi Google Maps ke daerah yang memberlakukan peraturan pelat ganjil-genap, Google akan menampilkan tanda peringatan jika kamu belum mengatur pengaturan Avoid odd-even traffic fines.

Saat menampilkan hasil pencarian dan kamu telah menekan tombol Directions, kamu akan mendapati Avoid odd-even traffic fines pada menu STEPS & MORE. Kamu dapat mengatur ganjil-genap melalui menu AVOID ODD-EVEN ROAD.

Dengan cara ini pun, kamu akan memperoleh jalur yang sesuai dengan pelat kendaraan yang kamu miliki mengikuti peraturan yang berlaku pada tanggal tersebut.

Leave a Comment