ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone Tekno

Peringkat 10 HP Android dengan Prosesor Tercepat di Dunia April 2018

Samsung Exynoss Chipset Header

Gadgetren – Ini dia peringkat HP Android dengan prosesor tercepat di dunia berdarasarkan dari nilai GeekBench yang telah dilakukan oleh para pengguna.

Dalam sebuah smartphone, performa sebuah Sistem-on-Chip (SoC) atau chipset yang terdiri dari berbagai komponen termasuk CPU dan GPU merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan kinerja maksimal. Namun pertanyaannya mana smartphone yang punya prosesor tercepat untuk saat ini?

Peringkat performa berikut ini akan mengambil dari nilai Single Core berdasarkan aplikasi GeekBench karena Single Core langsung berpengaruh dari kinerja di setiap aplikasi sedangkan Multi Core lebih cenderung untuk performa multi tasking dengan menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Maka dari itu Single Core bisa menjadi ukuran yang lebih meyakinkan.

Saya juga hanya memasukan salah satu varian saja yang masih satu generasi misal mengambil Galaxy S8 Plus dibandingkan S8 agar lebih banyak jenis smartphone yang masuk ke dalam daftar. Nah penasaran smartphone mana saja yang pantas menyandang gelar tercepat di April 2018 ini?

HP Android dengan Prosesor Tercepat di 2018

ModelChipsetSkor
Samsung Galaxy Note 8Samsung Exynos 8895 Octa @ 1.7Ghz1961
Samsung Galaxy S8+Samsung Exynos 8895 Octa @ 1.7Ghz1951
Xiaomi Mi 6Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 @ 1.9 GHz1904
Huawei P10 PlusHisilicon Kirin 960 @ 1.8 Ghz1885
Huawei Honor V9Hisilicon Kirin 960 @ 1.8 Ghz1875
Huawei Mate 9Hisilicon Kirin 960 @ 1.8 Ghz1871
Google Pixel 2 XlQualcomm MSM8998 Snapdragon 835 @ 1.9 GHz1866
LeEco Pro3Qualcomm MSM 8996 Pro-A8 Snapdragon 821 @ 2.2 GHz1815
Huawei Hono V8Hisilicon Kirin 950 @ 1.8 GHz1812
Samsung Galaxy S7Samsung Exynos 8890 @ 1.6 GHz1811

Dalam daftar ini saya tidak memasukkan iPhone karena terbilang berada di kategori tersendiri. Performa iPhone tidak bisa secara mudah disamakan berkat sistem operasi iOS yang memang lebih optimal dibandingkan Android sehingga kurang adil rasanya. Selain itu memilih iPhone juga jauh lebih mudah karena versi terbaru sudah dipastikan akan lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Maka dari itu sebenarnya performa smartphone secara keseluruhan tidak bergantung terhadap satu komponen saja melainkan juga bagaimana vendor melakukan optimalisasi terhadap perangkat mereka. Contohnya TouchWiz buatan Samsung dulu terkenal akan kinerja yang lambat, namun setelah kini diganti menjadi Samsung Experience UI bisa bersanding dengan stok Android sekalipun.

Walaupun begitu dapat terlihat kalau Samsung masih merajai tangga smartphone berperforma tercepat dengan seri Galaxy Note 8 dan S8+ andalannya. Kedua smartphone ini menggunakan chipset ekslusif dari Samsung, Exynos 8895, yang memang terkenal cepat beberapa generasi belakangan ini.

Di bawah terdapat Xiaomi Mi 6 dengan Snapdragon 835 kemudian diikuti oleh tiga model dari Huawei, yakni P10 Plus, Honor V9, dan Mate 9 yang semuanya menggunakan Kirin 960. Di kelas bawah baru lah muncul Google Pixel 2 dengan stok Android.

Selanjutnya ada LeEco Pro3 yang masih bertengger Walaupun perusahaannya bisa dikatakan sudah tidak aktif lagi dan Samsung Galaxy S7 yang sudah termasuk ke dalam generasi terdahulu. Dari daftar tersebut dapat terlihat kalau memang smartphone flagship terbaru dari vendor ternama menguasai peringkat HP tercepat khususnya Samsung dan Huawei.

Kalau kamu memang sangat menginginkan smartphone yang paling gesit untuk saat ini, maka pastinya salah satu smartphone yang ada di daftar tersebut akan masuk pertimbangan. Namun jika kamu hanya ingin punya smartphone yang lancar digunakan, maka pilihannya jauh lebih banyak karena kini smartphone Rp 1,5 jutaan pun ada yang cukup bagus.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar