ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Hide / Unhide Album Foto Tersembunyi Xiaomi Pada Seri Terbaru

Cara Hide Unhide Album Tersembunyi Xiaomi - Header

Gadgetren – Menyembunyikan album termasuk salah satu langkah mudah yang bisa kita lakukan untuk melindungi berbagai macam data pribadi di sebuah ponsel terutama berkas gambar atau video.

Berkas-berkas yang tersimpan di dalam album tersembunyi soalnya akan lebih susah untuk diakses. Seseorang memerlukan beberapa langkah ekstra supaya bisa menemukan atau menampilkannya kembali saat mau memakai foto atau videonya.

Menyembunyikan album kabar baiknya sudah didukung oleh sejumlah manufaktur lewat antarmuka sistem miliknya. Termasuk di antaranya Xiaomi yang menambahkan fitur untuk melakukan hal tersebut ke dalam MIUI guna mempersenjatai perangkat buatannya.

Meskipun tidak sekuat album privat yang mendukung penguncian, fitur album tersembunyi milik Xiaomi setidaknya akan menyimpan berkas-berkas foto atau video ke dalam sebuah ruang khusus yang tidak dapat langsung dilihat di aplikasi Gallery.

Agar dapat memanfaatkan fitur tersebut dengan leluasa, kita makanya perlu mempelajari tentang bagaimana cara untuk hide dan unhide album tersembunyi itu sendiri. Jadi nanti bisa lebih mudah untuk menyembunyikan atau menampilkannya pada ponsel Xiaomi.

Cara Hide Album Tersembunyi Xiaomi

  • Buka aplikasi Gallery.
  • Masuk ke tab Albums.
    Cara Hide Unhide Album Tersembunyi Xiaomi - 1
  • Cari album yang ingin disembunyikan.
  • Ketuk dan tahan album tersebut sampai muncul menu pengelolaan.
    Cara Hide Unhide Album Tersembunyi Xiaomi - 2
  • Pilih semua album yang ingin disembunyikan jika jumlahnya banyak.
  • Ketuk tombol Hide.
    Cara Hide Unhide Album Tersembunyi Xiaomi - 3
  • Konfirmasi dengan memilih OK.
    Cara Hide Unhide Album Tersembunyi Xiaomi - 4

Fitur menyembunyikan album sayangnya tidak berlaku untuk semua karena beberapa memang tidak mendukungnya seperti Camera, Videos, maupun Screenshots and screen recordings. Jika foto atau video yang ingin diamankan tersimpan di album-album itu, maka kita perlu memindahkannya terlebih dahulu.

Kita dalam hal ini dapat memindahkan foto atau video ini ke album yang sudah mendukung fitur tersebut. Sebagai alternatif lain, kita juga bisa membuat yang baru dengan mengetuk tombol Add (ikon Plus) di pojok kanan bawah aplikasi Gallery jika membutuhkannya.

Cara Unhide Album Tersembunyi Xiaomi

  • Akses kembali aplikasi Gallery.
  • Ketuk More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas.
    Cara Hide Unhide Album Tersembunyi Xiaomi - 5
  • Pilih menu Settings.
    Cara Hide Unhide Album Tersembunyi Xiaomi - 6
  • Ketuk bagian View hidden albums.
    Cara Hide Unhide Album Tersembunyi Xiaomi - 7
  • Cari album tersembunyi yang ingin ditampilkan lagi.
  • Ketuk tombol Unhide di sebelahnya.
    Cara Hide Unhide Album Tersembunyi Xiaomi - 8

Perlu diingat bahwa album tersembunyi sebenarnya juga bisa langsung dibuka tanpa perlu menampilkannya kembali. Kita yang ingin melihat foto atau videonya dalam hal ini hanya perlu mengetuk judul album tersebut alih-alih tombol Unhide.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan opsi unhide album tersembunyi lewat pengaturan ponsel Xiaomi. Kita dapat melakukannya dengan mengunjungi halaman Settings > Apps > System apps settings > Gallery > View hidden albums.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • Mengapa foto2 yang saya simpan di album privasi kok tidak bisa muncul padahal sudah berkali-kali saya cek di settingan sesuai petunjuk rapi mengapa tetap tidak bisa muncul foto2 nya?