ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik

Belum Terkoneksi Internet? Kamu Bisa Mengaktifkan GPRS Telkomsel Dengan Cara Ini!

Cara Mengaktifkan GPRS Telkomsel Header

Gadgetren – Berbeda dengan beberapa tahun lalu, kita kini tidak perlu mengaktifkan GPRS untuk operator Telkomsel secara mandiri.

Telkomsel merupakan salah satu operator di Indonesia yang menyediakan konektivitas jaringan internet bagi pengguna perangkat seluler. Terdapat banyak layanan dan paket internet yang ditawarkan oleh penyedia layanan telekomunikasi ini.

Namun, untuk dapat menggunakan layanan internet dari operator ini, pengguna harus mengaktifkan GPRS diperangkatnya yang kini sudah sangat umum ditemui.

Saat ini, hal ini tidak perlu dilakukan secara mandiri sebenarnya. Setiap kartu SIM Telkomsel baru akan memiliki GPRS aktif secara otomatis saat dipasang ke perangkat seluler.

Meskipun demikian, beberapa kendala bisa saja terjadi dan GPRS tidak aktif secara otomatis. Oleh karena itu, pengguna perlu mengaturnya secara manual agar dapat terhubung dengan internet menggunakan layanan operator Telkomsel.

Cara Mengaktifkan GPRS Telkomsel Dengan Mengatur APN

  1. Buka Settings di perangkat yang kamu gunakan.
  2. Kemudian masuk ke pengaturan Mobile network atau Cellular network, dimana setiap perangkat dan versi Android memiliki lokasi berbeda-beda, kamu bisa menemukan pengaturan ini pada Wireless & networks dengan memilih More pada beberapa perangkat.
  3. Selanjutnya, kamu bisa memilih opsi Access Point Names.
  4. Di opsi APNs, kamu bisa menambahkan APN baru dengan mengetuk ikon tanda + atau ADD pada pojok kanan atas layar.
  5. Kemudian isi Name dengan nama yang ingin kamu gunakan, isi APN dengan internet, isi Username dengan wap, dan isi Password dengan wap123.
  6. Jika sudah selesai mengaturnya kamu dapat menyimpannya dengan meilih MORE atau ikon tiga titik di pojok kanan atas, kemudian memilih Save.
  7. Jika berhasil, jaringan telkomsel akan melakukan restart dan untuk sementara waktu pengguna tidak akan terhubung dengan jaringan internet.

Cara Mengatur APN untuk Mengaktifkan GPRS Telkomsel

APN atau Access Point Names merupakan merupakan sebuah gateway antara jaringan seluler GSM, GPRS, 3G ataupun 4G dengan jaringan komputer lain. APN perlu diatur pada perangkat seluler yang akan membuat sambungan data untuk ditampilkan ke pada operator yang digunakan.

APN bekerja seperti pengenal yang dapat digunakan oleh operator untuk menentukan jenis jaringan yang dapat digunakan oleh perangkat. Di dalamnya termasuk alamat IP yang akan ditetapkan untuk perangkat, keamanan yang akan digunakan, dan berbagai macam hal lainnya.

Untuk mengatur APN, setiap model, merek, sistem, dan versi sistem ponsel memiliki pengaturan jaringan yang berbeda-beda. Bagi pengguna Android, kamu dapat melakukannya dengan cara yang telah disebutkan pada beberapa perangkat. Bagi pengguna iOS, kamu dapat masuk ke Settings, kemudian memilih Cellular, lalu memilih Cellular Data Option, kemudian masuk ke Cellular Network.

Perlu diperhatikan juga bagi pengguna perangkat yang mendukung dua kartu SIM, untuk mengatur APN sesuai dengan kartu SIM yang akan digunakan untuk membuat konektivitas jaringan internet di peraangkat yang digunakan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar