ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Game

8 Game Mirip Clash of Clans yang Bisa Dimainkan Offline atau Online

Game Mirip CoC Offline Header

Gadgetren – Adakah game mirip CoC atau Clash of Clans sebagai alternatif untuk kamu mainkan khususnya yang bisa offline?

Clash of Clans merupakan salah satu game yang paling populer di kalangan pemain mobile hingga saat ini. Pertarungan yang sengit dalam menghalau invasi pemain lain, kamu diharuskan untuk selalu memperhatikan situasi yang ada sambil membangucn wilayah kamu agar punya pertahanan lebih baik.

Sebagian dari kamu mungkin ada yang sudah merasa bosan atau juga mungkin sedang mencari game mirip CoC yang bisa dimainkan secara offline agar tidak menggunakan kuota internet terus menerus. Nah untuk menjawab pertanyaan pada paragraf pertama, berikut ini beberapa rekomendasi game mirip CoC offline maupun online yang sudah dipisahkan agar kamu lebih mudah mencarinya.

Online

Boom Beach

Boom Beach Wide

Biasanya dalam game sejenis ini kamu diharuskan untuk melindungi wilayah dari serangan musuh, namun Boom Beach malah sebaliknya karena kini giliran kamu yang menyerang pantai musuh dengan tujuan membebaskan para penduduk pulau yang tengah disekap.

Agar sukses dalam perang tersebut, kamu diharuskan untuk mengumpulkan sumber daya sebanyak-banyaknya dan membuat gugusan prajurit terbaik. Menariknya di Boom Beach ini kamu bisa berkompetisi dengan para pemain lain atau bergabung untuk menghancurkan para Pengawal Hitam.

Boom Beach bisa kamu download di Google Play Store dan Apple App Store.

Age of Empires: Castle Siege

Age of Empire Wide

Dahulu judul game Age of Empires saat pertama kali muncul di PC langsung banyak yang jatuh hati dan masih sangat digemari hingga saat ini. Nah kini Age of Empire hadir di mobile dengan sub judul Castle Siege dengan tujuan utama membangun kastil kamu melewati berbagai macam peradaban.

Dalam Age of Empires ini kamu diharuskan untuk terus membangun kastil kamu dan memperkuat pasukan pertahanan untuk bisa melewati berbagai pertarungan bersejarah. Jika sukses bertahan, nantinya kamu akan mendapatkan teknologi baru serta para pahlawan yang akan membantu perjuangan kamu.

Age of Empires: Castle Siege bisa kamu download di Google Play Store dan Apple App Store.

Viking Wars

Viking Wars Wide

Viking Wars merupakan game dari KakaoTalk yang sangat mirip dengan Clash of Clans, hanya saja kamu kini mengambil alih pasukan Viking yang perkasa. Tujuan kamu ada dua, yakni membuat pasukan terbaik untuk menjaga wilayah serta menginvasi kawasan lawan untuk menghancurkan setiap bagian yang kamu temukan.

Dikarenakan Viking Wars termasuk ke dalam bagian aplikasi KakaoTalk, maka game satu ini mewajibkan kamu untuk memasang aplikasi pesan instan tersebut. Selain itu Vikin Wars sangat mengedepankan soal interaksi antar pemain sehingga semakin banyak teman ikut bermain, maka semakin menguntungkan untuk kamu.

Viking Wars bisa kamu download di Google Play Store.

Clash Royale

Clash Royale

Dari namanya saja, Clash Royale sangat mengingatkan dengan game Clash of Clans yang lebih populer. Walaupun begitu Clash Royale bukan lah game sama maupun jiplakan karena dibuat oleh pengembang sama yakni Supercell sehingga kamu akan mendapatkan pengalaman bermain yang berbeda.

Clash Royale akan menempatkan kamu dengan pemain lain dan beradu siapa yang bisa menghancurkan benteng terlebih dahulu sambil membuat pertahanan yang tidak terkalahkan. Nantinya kamu akan mendapatkan peti harta karun yang dapat semakin menguatkan pasukan kamu agar menjadi lebih tidak terkalahkan.

Clash Royale bisa kamu download di Google Play Store dan Apple App Store.

Offline

Grow Empire Rome

Grow Empire Rome Wide

Grow Empire Rome merupakan game dengan genre Tower Defense yang punya objektif melindungi garis pertahanan dengan membuat beberapa bangunan agar bisa menghalau invasi pasukan musuh yang datang dalam beberapa gelombang. Tugas kamu sebagai Caesar adalah mengubah wilayah yang kamu kuasai menjadi peradaban paling maju untuk mengalahkan semuanya.

Dalam game Grow Empire Rome ini kamu akan disuguhkan 100 kota Eropa untuk dikuasai, 1.000 jenis bangunan, 35 jenis tentara Romawi, serta 4 faksi musuh yang harus di lawan. Hingga saat ini Grow Empire Rome masih terus mendapatkan update sehingga dipastikan kamu akan bermain dalam waktu cukup lama untuk menghabiskan seluruh konten yang ada.

Game Grow Empire Rome bisa kamu download di Google Play Store.

Townsmen

Townsmen Wide

Townsmen mungkin tidak asing buat kamu yang suka bermain game dengan genre membangun kota. Dalam game ini kamu mengambil alih sebuah dusun kecil menjadi sebuah kota abad pertengahan.  Kamu diharuskan membuat pertanian, mencari daerah pertambangan, pasar, hingga membuat monumen megah untuk mempercantik kota.

Namun hidup kamu tidak akan tentram begitu saja karena akan ada bandit yang datang dan berusaha menjarah sehingga kamu harus merekrut serdadu untuk melindungi warga. Di Townsmen ini kamu dapat merasakan perubahan musim, berbagai skenario menantang, hingga bencana yang datang tiba-tiba.

Game Townsmen bisa kamu download di Google Play Store maupun Apple App Store.

Kingdom Rush

Kingdom Rush Wide

Kingdom Rush mengusung genre Tower Defense layaknya Grow Empire Rome, namun sedikit berbeda karena kamu harus melindungi kerajaan yang ada dari serangan para monster seperti Orc, Troll, maupun monster ganas lainnya. Kamu harus mengatur strategi dan memerintahkan pasukan untuk bisa bertahan dari setiap gempuran yang ada.

Kingdom Rush menawarkan cukup banyak varian agar kamu tidak bosa seperti 50 jenis musuh yang punya serangan berbeda, 9 pahlawan yang dapat membantu kamu dipertempuran, hingga pertarungan melawan boss yang jarang ada di game Tower Defense. Pastinya kamu akan membutuhkan waktu berjam-jam tanpa henti untuk menguasai game satu ini.

Kingdom Rush bisa kamu download di Google Play Store dan Apple App Store.

Castle Defense

Castle Defense Wide

Castle Defense dibandingkan game lainnya terbilang cukup kecil karena hanya ada 15 level yang harus kamu hadapi, namun jangan kira itu akan menjadi tugas mudah. Dari segi gameplay, Castle Defense tidak jauh berbeda dengan game genre Tower Defense lainnya karena kamu harus melindungi kastil dari gelombang serangan musuh terus menerus.

Dalam tugas ini kamu akan dibantu oleh salah satu dari 3 pahwalan yang ada serta kemampuan untuk membangun 12 jenis pertahanan. Selain itu ada juga lebih dari 100 jenis tantangan yang bisa kamu ambil untuk membuktikan ketangkasanmu dalam bermain dan mengatur strategi.

Castle Defense bisa kamu download di Google Play Store dan Apple App Store.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar