Tips dan Trik

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android Agar Tidak Kelewatan

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android Header

Gadgetren – Listrik merupakan salah satu kebutuhan utama yang tjdak dapat terpisahkan dengan kehidupan masyarakat modern saat ini.

Dengan adanya listrik memungkinkan penggunanya dapat menjalankan perangkat elektronik rumah, lampu, mengisi daya baterai smartphone, menghidupkan komputer, menyalakan lampu, menghidupkan AC, dan masih banyak lagi.

Bisa dibilang listrik sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari saat ini. Untuk di Indonesia, PLN atau Perusahaan Listrik Negara merupakan badan satu-satunya yang ditunjuk dalam mengelola listrik satu negara.

Dalam hal ini, masyarakat Indonesia harus membayar tagihan listrik setiap bulannya kepada PLN. Namun untuk listrik masa kini, pembayarannya dilakukan dengan menggunakan token sehingga apabila sudah habis maka harus mengisi pulsanya kembali agar listrik bisa hidup.

Sayangnya terkadang banyak orang yang penasaran ingin mengetahui tagihan listriknya di waktu tertentu agar bisa dipersiapkan ketika melakukan pembayaran terhadap PLN, baik melalui Bank, ATM, penyedia jasa pembayaran, dan lainnya.

Menariknya, kini Gadgeter dapat dengan mudah untuk melakukan pengecekan tagihan listrik melalui HP atau smartphone Android miliknya. Untuk itu, bagi Gadgeter yang penasaran maka dapat melihat tutorial cek tagihan listrik sebagai berikut ini.

Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP Android

Menggunakan Aplikasi

  1. Pertama, Gadgeter dapat mengunduh dan menginstal aplikasi yang bernama Cek Tagihan Listrik Bulanan di Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi terinstal maka Gadgeter dapat langsung membukanya.
  3. Nantinya pada halaman utama, Gadgeter hanya akan dihadapkan pada menu Masukkan ID Pelanggan.
  4. Gadgeter dapat langsung memasukkan ID pelanggan yang dimilikinya.
  5. Selanjutnya, Gadgeter dapat menekan tombol Cek Tagihan.
  6. Nantinya aplikasi akan langsung menampilkan berbagai informasi, seperti ID Pelanggan, Nama pelanggan, Tahun Bulan iuran, Tagihan terbilang dalam huruf, dan total tagihan dalam angka.

Bisa dibilang cara ini sangat mudah untuk mengetahui dana yang harus disiapkan untuk membayar tagihan listrik bulanan. Selain itu, Gadgeter dapat melakukan pembayaran melalui ATM, Bank, maupun jasa pembayaran.

Menggunakan SMS

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka aplikasi SMS atau Message di HP Android.
  2. Selanjutnya, Gadgeter mengetik SMS yang bertuliskan REK (spasi) No ID Pelanggan (misalnya REK 58394343439).
  3. Apabila telah benar, Gadgeter dapat langsung mengirimkannya ke 8123.
  4. Nantinya PLN akan mengirimkan informasi balasan yang berupa nomor ID, nama pelanggan, tahun bulan iuran, dan tagihan listriknya.

Menggunakan Telepon

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka aplikasi Phone atau Telepon di HP Android.
  2. Kemudian, Gadgeter dapat melakukan panggilan telepon ke 123.
  3. Jangan lupa mencantumkan kode area daerahnya, misal Jakarta menjadi 021-123 atau Bogor menjadi O251-123.
  4. Nantinya Gadgeter akan dihadapkan pada customer service dari layanan call center dan dapat mengikuti petunjuknya. Sayangnya layanan ini berbayar dikenakan tarif normal.

Tinggalkan Komentar