Tips dan Trik

Cara Restart Manual dan Force Restart iPhone Semua Model

Cara restart iphone heade

Gadgetren – Bagaimana sih cara restart iPhone yang baik dan mudah saat tengah mengalami error atau lainnya?

Perangkat elektronik baik itu laptop maupun smartphone terkadang harus dilakukan restart kalau terjadi suatu kesalahan atau setelah melakukan install agar sistem dapat menyesuaikan dengan perubahan yang ada. Begitu juga dengan iPhone berbasis sistem operasi iOS baik itu iPhone 5s, 6, 7 bahkan 8 sekali pun yang bisa dikatakan sangat optimal juga perlu melakukan restart sesekali.

Contohnya saat kamu gagal install aplikasi melalui App Store terkadang ada icon berwarna abu-abu menggangu di home screen atau error lainnya seperti hang tidak terduga muncul saat tengah melakukan sesuatu. Maka dari itu lah dalam kondisi seperti ini maka sebaiknya langsung restart iPhone kamu agar masalah kemungkinan dapat terlesesaikan.

Umumnya pada smartphone, restart dilakukan dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali melalui tombol power. Nah di iOS sendiri ada dua cara restart iPhone yang bisa kamu gunakan, yakni soft restart dan hard restart.

Cara Restart iPhone Secara Normal

  1. Fungsi restart di iPhone bisa kamu gunakan melalui fitur AssistiveTouch.
  2. Untuk mengaktifkan fitur AssistiveTouch ini, jalankan aplikasi Settings kemudian pilih General.
  3. Dari menu yang ada, pilih Accessibility untuk memunculkan menu Assistive Touch.
  4. Setelah AssistiveTouch aktif maka akan muncul lingkaran melayang di layar iPhone.
  5. Tekan lingkaran tersebut untuk memperlihatkan menu shortcut.
  6. Pilih icon Device kemudian More yang akan memunculkan menu tambahan.
  7. Dalam menu ini kamu dapat memilih Restart yang secara otomatis akan mematikan dan menghidupkan iPhone kamu.

iOS AssistiveTouch SettingsiOS AssistiveTouch Restart

Metode ini disebut soft restart dan sudah umum ditemukan di laptop, namun pada smartphone belum tentu semua brand menghadirkan fungsi ini. Soft restart berguna untuk menormalisasi kembali iPhone kamu untuk menghilangkan permasalahan yang muncul setelah melakukan install aplikasi.

Di iOS 11, kamu juga dapat mengaktifkan AssistiveTouch melalui menu Accessibility di Control Center sehingga tidak perlu jauh-jauh menavigasikan lewat aplikasi Settings.

Cara Hard Restart iPhone

Hard restart sedikit berbeda dengan metode sebelumnya karena iPhone akan melakukan proses reboot dalam tingkatan hardware. Hal ini berguna karena kamu dapat tetap melakukan restart walaupun iPhone dalam keadaan hang atau macet. Cukup dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan selama 5 detik, maka iPhone kamu akan reboot otomatis.

Namun, metode ini sebaiknya hanya dilakukan dalam kondisi terpaksa seperti itu saja karena langsung memutuskan arus listrik secara tibat-tiba. Jadi data tidak tersimpan secara baik dahulu layaknya melakukan restart normal dan semua aplikasi akan dipaksa tertutup.

Walaupun begitu belum ada laporan masalah akibat melakukan metode ini dan pihak Apple biasanya menyarankan Hard Restart sebagai cara terakhir saat metode lainnya tidak bisa menyelesaikan masalah. Maka dari itu kamu tidak perlu takut melakukan hard restart sama sekali selama tidak terlalu sering sekali.

Itu lah kedua metode restart yang bisa kamu lakukan pada perangkat berbasis iOS, namun untuk iPhone X ada sedikit perbedaan karena tidak memiliki tombol Home fisik seperti yang dijelaskan pada artikel ini. Nah dengan dua metode tersebut, mudah-mudahan permasalah di iPhone kamu terselesaikan.

Tinggalkan Komentar