Tips dan Trik

Android Lag? Tingkatkan Ruang Kosong RAM dengan Greenify!

Cara Menambahkan Ruang Kosong RAM di Android Header[Sumber: Wikipedia]

Gadgetren – RAM adalah salah satu hal yang akan menjadi bahan pertimbangan sebelum kita membeli perangkat Android baru.

RAM atau Random Access Memory merupakan komponen penting dalam sebuah sistem komputasi, yang akan menjadi tempat menyimpan data saat suatu program sedang berjalan. Berbeda dengan ROM, karena digunakan sebagai penyimpan data saat program sedang berjalan, memori jenis ini memiliki dukungan untuk dapat diakses secara acak tanpa memperdulikan letak dari data tersebut.

Di perangkat Android, RAM pun juga memiliki tugas yang sama dan sangat mempengaruhi kinerja dari sistemnya. Keterbatasan RAM bisa menjadi momok yang cukup mengganggu bagi sebagian pengguna Android.

Lalu, bagaimana jika pengguna memiliki perangkat Android dengan RAM kecil? Apakah kita bisa menambah kapasitasnya dengan melakukan Root dan memindahkannya ke penyimpanan eksternal?

Cara Menambahkan Kapasitas Kosong RAM di Android

Menambahkan kapasitas RAM secara virtual dengan kartu memori eksternal menurut saya adalah hal yang cukup percuma, alias sama saja. Padahal untuk menggunakannya, pengguna dapat terancam bahaya karena harus menggunakan proses root.

Berbeda dengan beberapa jenis komputer, kapasitas RAM di kebanyakan perangkat seluler memang dirancang untuk tidak dapat untuk ditingkatkan. Jika pun harus meningkatkannya, pengguna harus menggunakan peralatan khusus, dan menemukan komponen yang tepat.

Meskipun demikian, pengguna masih dapat mengakalinya dengan mematikan aplikasi yang tidak terpakai namun berjalan di belakang layar. Dengan cara ini, pengguna dapat menambah ruang kosong RAM di perangkatnya.

Di Google Play Store, telah banyak aplikasi yang dapat melakukan hal tersebut, yang biasanya disebut sebagai Booster. Namun, terdapat salah satu aplikasi yang cukup saya suka untuk melakukannya. Aplikasi tersebut adalah Greenify.

Cara Menambahkan Ruang Kosong RAM di Android

Greenify merupakan sebuah utilitas yang memungkinkan pengguna Android dapat menghibernasi aplikasi tak terpakai yang berjalan di belakang layar. Utilitas ini akan memaksa aplikasi-aplikasi yang menghabiskan RAM dan juga baterai tersebut untuk mematikan layanannya.

Untuk menggunakannya menambahkan ruang kosong RAM di perangkat Android, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Instal aplikasi Greenify yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store
  2. Buka aplikasi, jika baru menggunakan pertama kali, pengguna harus mengatur beberapa hal seperti Working Mode, dukungan Screen Lock, dan beberapa hak akses sesuai dengan perangkat Android yang digunakan
  3. Klik NEXT setiap selesai mengaturnya, sampai pengguna menjumpai tombol FINISH
  4. Setelah itu, pengguna dapat menekan tombol + pada pojok kanan bawah, klik Show more apps, dan memilih aplikasi yang ingin dihibernasi
  5. Setelah itu tekan tombol centang di pojok kanan bawah
  6. Kemudian klik tombol Zzz untuk melakukan hibernasi aplikasi
  7. Agar lebih mudah, pengguna dapat menambah shortcut dengan cara menekan menu pada pojok kanan atas dan pilih opsi Create hibernation shortcut, dan memilih mode hibernasinya
  8. Dengan tombol shortcut tersebut, pengguna dapat melakukan hibernasi aplikasi melalui layar home di perangkat Android miliknya tanpa perlu membuka aplika Greenify

Cukup mudah bukan untuk menambahkan ruang kosong RAM di perangkat Android dengan aplikasi Greenify? Dengan cara ini, pengguna juga lebih dapat menghemat daya, karena telah mengurangi aplikasi yang notabene melakukan konsumsi daya di belakang layar.

Leave a Comment