Tips dan Trik

Touchscreen Android Kurang Responsif? Coba Dikalibrasi!

Cara Kalibrasi Touchscreen di Ponsel Android Header[Sumber: Pexels]

Gadgetren – Bagi pengguna Android, komponen touchscreen menjadi hal utama yang cukup penting dalam pengoprasiannya.

Sistem operasi Android memang dirancang secara khusus untuk perangkat yang mendukung pengoprasian dengan layar sentuh. Meskipun terdapat beberapa perangkat yang juga menyediakan tombol fisik, touchscreen masih menjadi hal penting dalam pengoprasian perangkat tersebut.

Namun sayangnya, tak jarang beberapa orang mengalami penurunan dari kinerja dari touchscreen yang digunakan pada perangkatnya. Touchscreen memiliki respon yang sangat lambat atau mendeteksi sentuhan dengan tidak akurat.

Untuk mengatasinya sebenarnya tidak terlalu sulit, pengguna ponsel Android dapat melakukan kalibrasi terhadap touchscreen di perangkatnya, untuk mendapatkan kembali pengenalan sentuhan dengan lebih akurat.

Cara Kalibrasi Touchscreen di Android

Secara default, perangkat Android biasanya tidak dilengkapi dengan utilitas yang dapat digunakan untuk melakukan kalibrasi touchscreen. Oleh karena itu, pengguna perlu menginstal aplikasi tambahan yang telah cukup banyak jenisnya di Google Play Store.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan kalibrasi touchscreen di perangkat Android adalah Touchscreen Calibration. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat melakukan kalibrasi touchscreen agar touchscreen di perangkat Android miliknya dapat kembali berkerja dengan baik.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengkalibrasi dengan cara mendeteksi jenis sentuhan pada area layar, seperti single tap, double tap, long press, swipe, pinch, dan juga zooming.

Aplikasi Touchscreen Calibration ini dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sangat sederhana, sehingga akan memudahkan pengguna dalam melakukan kalibrasi touchscreen di perangkat Android.

Cara Kalibrasi Touchscreen di Ponsel Android

Untuk menggunakannya untuk kalibrasi touchscreen di perangkat Android, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi Touchscreen Calibration dari Google Play Store
  2. Setelah itu, buka aplikasi tersebut
  3. Berbeda dengan kebanyakan aplikasi, pengguna tidak perlu mengatur preferensi atau hak ases apapun di aplikasi ini
  4. Jika sudah terbuka, ketuk tombol CALIBRATE untuk memulai kalibrasi touchscreen
  5. Setelah itu lakukan beberapa jenis sentuhan layar sesuai dengan yang diperintahkan pada TEST PAD yang disediakan, seperti ketukan tunggal, ketukan ganda, sentuhan lama, geser, dan lain sebagainya
  6. Setiap melakukan pengujian pada jenis sentuhan, aplikasi akan menampilkan keakuratan dari jenis sentuhan
  7. Jika sudah selesai, akan muncul notifikasi Calibration Successfully, klik OK pada notifikasi tersebut
  8. Kemudian muat ulang atau restart ponsel untuk mengaplikasikan hasil kalibrasinya

Perlu diingat, proses kalibrasi touchscreen di perangkat Android ini tidak akan memperbaiki kerusakan hardware pada touchscreen. Aplikasi ini hanya membantu pengguna dalam mendeteksi jenis sentuhan pada area touchscreen, dan membantu pengguna mendefinisikan kembali jenis sentuhan tersebut.

Leave a Comment