Tips dan Trik

Gabungkan Subtitle Saat Menonton Film di Android dengan MX Player

Cara Menggabungkan Subtitle dengan Film di Android Header[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Menonton film merupakan hiburan tersendiri bagi sebagian orang yang memiliki aktivitas harian yang membosankan.

Saat ini, ada banyak tempat yang dapat digunakan untuk mengunduh film mempermudah kita menikmati film, dari film lama hingga film baru. Ditambah lagi, dukungan kemampuan perangkat Android yang semakin baik membuat semua orang dapat menikmati film dimana pun dan kapan pun.

Sayangnya, untuk menonton film dengan subtitle, pemutar video bawaan Android tidak mampu melakukannya. Lalu, bagaimana mana kira-kira cara menonton film dengan subtitle di perangkat Android ya?

Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Film saat Menonton di Android

Untuk menonton film dengan menggunakan subtitle yang terpisah, pengguna Android dapat menggunakan player dari pihak ketiga. Player yang cukup banyak direkomendasikan untuk melakukan hal ini adalah MX Player.

MX Player merupakan aplikasi pemutar video yang tersedia secara gratis di Google Play Store dengan dukungan format video yang relatif lebih banyak. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung format audio, termasuk di antaranya AC-3, MP3, dan juga AAC.

Aplikasi MX Player ini juga memiliki banyak dukungan gesture, yang cukup memberikan kemudahan pengguna dalam menikmati video yang diinginkan, seperti swipe kanan dan kiri untuk menggeser timeline film, ketukan ganda untuk opsi putar/jeda, dan gerakan lainnya.

Yang lebih menarik, MX Player ini juga mendukung banyak teks film, seperti SubRip (.srt), SubStation Alpha (.ssa/.ass), MicroDVD (.sub), MPL2 (.mpl), TMPlayer (.txt), PJS (.pjs), WebVTT (.vtt),dan lain sebagainya.

Subtitle Film MX Player

Berikut ini cara menggunakan MX Player untuk menggabungkan subtitle dengan film saat menontonnya di perangkat Android:

  1. Download aplikasi MX Player dari Google Play Store
  2. Buka aplikasi setelah terpasang, dan cari film yang ingin di tonton
  3. Jika sudah buka file video yang akan ditonton, dan pause terlebih dulu
  4. Klik ikon menu pada pojok kanan atas, kemudian pilih Subtitle, dan kemudian pilih Open
  5. Cari lokasi tempat menyimpan folder berisi subtitle, dan pilih
  6. Secara otomatis, subtitle akan muncul saat film ditayangkan

Agar lebih mudah tanpa perlu memasukkan secara manual di film selanjutnya, pastikan saja nama file subtitle dengan video sama. Hal ini memungkinkan aplikasi untuk otomati mendeteksi secara langsung kalau subtitle tersebut milik film tertentu. Dengan ini kamu tinggal memutar video seperti biasa dan aplikasi akan langsung menampilkan subtitle.

Satu tips yang cukup saya rekomendasikan adalah buat folder baru, kemudian masukkan file video dengan subtitle menjadi satu tempat ke dalam folder tersebut. Hal ini agar mempermudah kita saat mencari subtitle yang akan digabungkan.

Leave a Comment

1 Comment

  • Tidak di jemol karena susah carinya untuk ke berkatan ALLAH S.W.T
    Karena semua untuk mempunyai- nya WI-FI karena sepupu / saudara yang datang kerumah kita kasih atau tidak membosen kan