Tips dan Trik

Google Play Store Telah Berhenti? Atasi Dengan 4 Cara Ini!

Cara Mengatasi Google Play Store Telah Berhenti Header

Gadgetren – Sebagai toko aplikasi resmi, Google Play Store merupakan aplikasi yang sering digunakan saat pengguna Android ingin menginstal aplikasi.

Google Play Store biasanya menjadi aplikasi default Android yang terinstal sebelum perangkat sampai di tangan pengguna. Dengan layanan resmi dari Google ini pengguna dapat menginstal aplikasi dengan nyaman tanpa perlu takut menginstal aplikasi berbahaya bagi perangkat.

Namun sayangnya, aplikasi toko aplikasi tersebut kadang mengalami permasalahan seperti tertunda saat digunakan oleh beberapa pengguna. Permasalahan yang sering terjadi adalah aplikasi tiba-tiba berhenti.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, pengguna harus menyesuaikan antara solusi dengan penyebabnya. Namun, jika pengguna tidak mengetahui penyebabnya, pengguna dapat mencoba semua solusi satu per satu.

Cara Mengatasi Google Play Store Telah Berhenti

Bersihkan File Sampah Atau Cache

Cara Mengatasi Google Play Store Telah Berhenti dengan Clear Cache

Tak jarang menumpuknya file sampah, membuat perangkat Android tidak dapat berjalan dengan maksimal. Seperti yang telah diulas sebelumnya, file sampah akan membantu aplikasi maupun sistem agar tidak perlu lagi membuat atau mengunduh data-data yang sama secara berulang-ulang sehingga perangkat dan aplikasi dapat berjalan dengan lebih cepat.

Namun, dengan menumpuknya file sampah tersebut, dapat membuat beberapa aplikasi tidak memperbarui data-datanya karena cenderung memilih data sampah tersebut pada proses yang sama. Hal ini menyebabkan beberapa aplikasi tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Google Play Store yang eror pun dapat disebabkan oleh hal ini, oleh karena itu pengguna dapat membersihkan file sampah tersebut. Pengguna dapat membersihkan file sampah khusus Google Play Store melalui Settings > Apps > Google Play Store > Clear Cache (pada Android terbaru pengguna harus masuk ke Storage terlebih dulu sebelum menemukan opsi Clear Cache).

Bersihkan Data Google Play Store

Cara Mengatasi Google Play Store Telah Berhenti dengan Clear Data

Pembaruan aplikasi kadang kala membuat data-data yang tersimpan bertumpuk-tumpuk membuat aplikasi tidak dapat berjalan dengan semestinya. Oleh karena itu, pengguna dapat membersihkan data-data aplikasi tersebut agar tidak menumpuk dan membuat aplikasi berjalan secara tidak normal.

Menumpuknya data-data juga dapat terjadi untuk aplikasi Google Play Store yang menyediakan aplikasi untuk perangkat Android. Untuk membersihkan data-data Google Play Store yang tersimpan di perangkat Android, pengguna dapat mengakses Settings > Apps > Google Play Store > Clear Data (pada Android terbaru pengguna harus masuk ke Storage terlebih dulu sebelum menemukan opsi Clear Data).

Baca Juga: Pilihan bayar lewat pulsa di Google Play Store tidak muncul? Ini solusinya

Pastikan Untuk Menggunakan Sistem Operasi Terbaru

Cara Mengatasi Google Play Store Telah Berhenti dengan Update OS

Kenapa sistem operasi dan aplikasi harus diperbarui? Jawaban sederhananya agar kedua hal tersebut dapat berjalan selaras atau tidak timpang. Pembaruan aplikasi biasanya dilakukan dengan dukungan yang lebih baik untuk sistem terbaru, dan tak jarang beberapa sistem lama tidak memiliki kapabilitas untuk menggunakannya. Sebaliknya , pembaruan sistem operasi pun memerlukan dukungan dari aplikasi-aplikasi agar aplikasi dapat berjalan di sistem terbaru tersebut.

Beberapa alasan ini juga dapat menyebabkan aplikasi Google Play Store kadang-kadang tidak dapat berjalan dengan baik. Oleh karena itu pengguna perlu mematikannya perangkatnya memiliki sistem dengan versi terbaru. Pengguna dapat memperbarui sistem melalui menu Settings kemudian masuk ke opsi About.

Restart Ponsel

Cara Mengatasi Google Play Store Telah Berhenti dengan Muat Ulang

Memberikan penyegaran terhadap sistem dapat membuat sistem dapat berjalan secara maksimal. Penyegaran ini dapat dilakukan dengan merestart atau memuat ulang ponsel yang digunakan. Selain membuat sistem kembali ke kondisi awal, memuat ulang sistem biasanya dapat menyelesaikan beberapa permasalahan yang sering terjadi di ponsel.

Biasanya dengan beberapa cara di atas, Google Play Store dapat bekerja dengan baik kembali. Jika cara di atas belum dapat menyelesaikan permalahan Google Play Store telah berhenti, pengguna Android dapat mengecek virus dalam perangkatnya, atau paling parah pengguna harus mereset ponsel ke kondisi pabrikan.

Tinggalkan Komentar