Tips dan Trik

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di HP OPPO Tanpa Root

cara memindahkan aplikasi ke sd card oppo

Gadgetren – OPPO telah berhasil melakukan ekspansi penjualan smartphone buatannya ke Indonesia, bahkan telah berhasil memantapkan posisinya di peringkat kedua pada Q3 2017.

Smartphone OPPO yang berslogan Selfie Expert bisa dibilang paling diminati di Indonesia, mengingat smartphone tersebut memiliki resolusi yang besar pada kamera depannya sehingga dapat memanjakan penggunanya untuk mengabadikan foto selfie dengan bagus.

Kini OPPO pun telah meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia yang bernama F5 dengan layar penuh 6 inci dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi LTPS IPS, dilindungi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5, dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.

Namun sebagian pengguna smartphone OPPO masih banyak kebingungan mengenai cara untuk memindahkan aplikasi dari storage internal ke microSD. Untuk itu, tim Gadgetren akan memberikan tutorialnya sebagai berikut ini

Baca Juga: Agar lebih pasti, ini caranya menampilkan persentase baterai di OPPO

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card OPPO

Ada dua metode yang bisa kamu lakukan, yakni membuat setiap aplikasi langsung terinstal ke microSD secara otomatis dan memindahkan aplikasi yang sudah terinstal saat ini secara manual.

Cara supaya aplikasi otomatis terinstal di microSD

  1. Pertama, Gadgeter dapat masuk ke menu atau aplikasi Settings (Setelan) di smartphone OPPO
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih Storage (Penyimpanan)
  3. Pada halaman Storage (Penyimpanan), Gadgeter dapat memiliki Preferred Install Location (Lokasi Pemasangan yang Disukai)
  4. Nantinya akan muncul kotak dialog yang memperlihatkan pilihan tempat penyimpanan maka Gadgeter dapat memilih SD Card (Kartu SD)
  5. Setelah berhasil menerapkan fitur ini maka aplikasi yang diinstal Gadgeter akan langsung pindah ke penyimpanan eksternal microSD

Memindahkan aplikasi yang sudah terinstal ke microSD

  1. Pertama, Gadgeter dapat membuka menu atau aplikasi Settings (Setelan) di smartphone OPPO
  2. Selanjutnya, Gadgeter dapat memilih Application Manager (Kelola Aplikasi)
  3. Pada halaman Application Manager (Kelola Aplikasi), Gadgeter dapat memilih tab Installed (Diinstal) dan langsung mencari aplikasi yang akan dipindahkan, contohnya Facebook
  4. Selanjutnya akan muncul tampilan App Info dan Gadgeter dapat memilih tombol Move to SD (Pindah ke SD)

Baca Juga: Punya data rahasia di HP OPPO Kamu? Gunakan metode ini agar tersembunyi

Sebagai catatan, Gadgeter harus memastikan bahwa microSD masih memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup agar tidak muncul pesan error “ruang penyimpanan hampir habis”. Namun salah satu kelemahan aplikasi pindah ke microSD ini adalah prosesnya yang sedikit lambat dibaca dibandingkan dengan aplikasi yang tersimpan di storage internal.

Bahkan apabila Gadgeter melakukan restart smartphone maka ketika menyala kembali dan masuk homescreen maka aplikasi yang dipindahkan ke microSD akan mengalami loading yang lama karena memang kecepatan microSD kalah jauh dibandingkan storage internal. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar

  • oppo F5 youth tidak ada pilihan preferred storage begitu bagaimana ya mengatasinya? Aplikasi yang terinstal di hp pun tidak ada pilihan ‘move’ untuk dipindah ke SD Card, kenapa ini Oppo???