Aplikasi

Hemat Datamu Hingga 30% dengan Aplikasi Datally!

Aplikasi Penghemat Kuota Datally[Sumber: Pexels]

Gadgetren – Menghemat kuota internet merupakan suatu hal yang memerlukan upaya lebih. Tapi ternyata, ada lho aplikasi yang dapat memudahkan kita untuk menghemat kuota.

Menggunakan koneksi internet adalah hal yang bisa dipastikan saat sedang menggunakan perangkat ponsel pintar atau smartphone. Tidak terkecuali sistem Android yang saat ini banyak digunakan oleh pengembang ponsel untuk mengoperasikan perangkat baru miliknya.

Meskipun dapat berjalan dalam mode offline, sistem operasi ini memiliki beberapa fitur yang hanya dapat digunakan saat sedang dalam keadaan online. Tidak hanya fiturnya, beberapa aplikasi di sistem operasi buatan Google ini hanya dapat berjalan saat ponsel terhubung dengan koneksi internet.

Pemakaian daya mungkin bukan sebuah masalah bagi sebagian pengguna, namun di negara berkembang, seperti Indonesia, tak jarang beberapa wilayah masih tertinggal dalam urusan ini. Bukan hanya karena persebaran yang belum merata, namun sebagian pengguna di beberapa wilayah masih beranggapan bahwa kuota internet memiliki harga yang cukup mahal.

Bukan karena harganya yang berbeda, namun juga karena faktor ekonomi yang mengharuskannya membuat sekala prioritas. Bagaimana tidak membuat sekala prioritas wong buat makan sehari-hari saja kadang-kadang masih kurang.

Melihat kondisi di negara berkembang, banyak platform yang mulai mengembangkan aplikasi ramah kuota. Dan saat ini, telah banyak di Google Play Store aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan dengan mengompres penggunaan kuota menjadi lebih sedikit.

Salah satu yang cukup menarik adalah aplikasi Datally. Berbeda dengan aplikasi lain yang mengemat data hanya pada saat mengakses platformnya, aplikasi Datally dapat digunakan untuk menghemat penggunaan data secara menyeluruh dalam ponsel Android

Apa Itu Datally?

Download Aplikasi Penghemat Kuota Datally

Datally merupakan aplikasi yang dapat mempermudah pengguna untuk menghemat penggunaan kuota di ponsel Android hingga 30%. Dengan aplikasi ini, pengguna tak perlu repot-repot menginstal aplikasi ramah kuota secara satu persatu karena aplikasi ini dapat digunakan untuk semua aplikasi.

Aplikasi dengan nama Datally: mobile data-saving & Wifi App by Google ini dapat mempermudah pengguna mengelola data dengan mengontrol penggunaan data satu per satu aplikasi, dengan mangatur limitasi atau batasan penggunaan datanya.

Aplikasi Datally juga dapat digunakan untuk memonitor penggunaan data dari semua aplikasi secara real-time, dan akan memblokir pengunaan data dari aplikasi yang lepas kendali. Aplikasi ini juga akan menampilkan metrik penggunaan data agar pengguna dapat mengetahui aplikasi mana yang menggunakan kuota paling banyak.

Secara sederhana, aplikasi buatan Google ini merupakan aplikasi pengelola data seluler yang dapat membantu pengguna memonitor, menghemat, dan mengontrol penggunaan data. Selain dilengkapi dengan fitur hemat data dan pengelola data, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pencari lokasi wifi terdekat untuk memberikan alternatif data.

Cara Menggunakan Aplikasi Dataly untuk Menghemat Kuota

Aplikasi Penghemat Data Datally dari Google

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, aplikasi Datally akan mempermudah menghemat penggunaan data dari perangkat Android. Kata mudah tersebut juga memiliki arti bahwa aplikasi mudah untuk digunakan. Berikut ini cara menggunakannya:

  1. Unduh aplikasi Datally dari Google Play Store
  2. Setelah terpasang, buka aplikasi
  3. Untuk pengguaan pertama kali, pengguna harus mengatur hak akses aplikasi, karena aplikasi ini membutuhkan akses ke telepon, sms, VPN, dan lokasi dalam prosesnya
  4. Jika sudah ternuka secara sepenuhnya, pengguna dapat mengetuk tombol slider Siapkan Penghemat Kuota untuk mengaktifkan pemantauan penggunaan data secara real
  5. Jika sudah, akan muncul notifikasi di bagian notification bar
  6. Untuk mengelola penggunaan data aplikasi satu persatu, pilih Kelelola Kuota Internet
  7. Dalam menu ini, pengguna dapat menghidupkan atau mematikan pemblokiran penggunaan data yang dilakukan oleh Datally, dan untuk membuka blokirnya pengguna dapat mengetuk pada ikon gembok yang terkunci, dan jika selesai dapat menekan tombol kembali
  8. Pengguna juga dapat menggunakan Datally untuk mencari lokasi ketersediaan Wi-Fi di sekitar dengan menekan tombol Cari Wi-Fi, tapi perlu diingat, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk menemukan lokasi bukan username maupun password

Aplikasi Datally merupakan aplikasi yang akan sangat berguna bagi pengguna dengan kuota terbatas.Pada pengembangan selanjutnya, Google juga merencanakan akan memberikan fitur tambahan untuk memudahkan pengguna dalam mengontrol penggunaan data secara proaktif dengan sistem warning.

Leave a Comment