Aplikasi

4 Aplikasi Perekam Layar Ponsel di Android

Aplikasi Perekam Layar Ponsel Android[Sumber: Pixabay]

Gadgetren – Merekam layar adalah aktivitas yang cukup membantu bagi beberapa pengguna ponsel. Dengan merekam aktivitasnya di ponsel, pengguna dapat berbagi tutorial atau gameplay dari sebuah game.

Rekaman layar dapat menjadi salah satu cara mudah berbagi informasi dengan teman maupun sesama pengguna gadget. Dengan cara ini, pengguna dapat dengan mudah menjelaskan atau menunjukan berbagai macam hal, seperti cara menggunakan, langkah menyelesaikan misi, atau lainnya.

Pada beberapa ponsel, dukungan untuk merekam layar menjadi salah satu fitur unggulan yang ditawarkan, seperti pada ASUS Zenfone 3 yang saya gunakan. Ponsel ini memiliki fitur Game Genie yang dapat digunakan untuk merekam aktivitas bermain game dengan sangat mudah.

Namun bagaimana dengan ponsel yang secara default tidak menyediakan fitur ini?

Tidak perlu berkecil hati, karena telah banyak aplikasi Android yang dapat digunakan untuk merekam aktivitas layar ponsel. Bahkan beberapa diantaranya dapat digunakan secara gratis, meskipun menawarkan fitur-fitur yang cukup menarik.

Berikut ini beberapa aplikasi perekam layar ponsel yang dapat dicoba:

Mobizen Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Ponsel Android Mobizen Screen Recorder

Salah satu aplikasi gratisan yang dapat digunakan untuk merekam layar ponsel adalah Mobizen Screen Recorder. Aplikasi ini sangat ccocok bagi pengguna yang ingin mengedit video setelah selesai merekamnya, karena aplikasi ini secara default telah memiliki fitur edit video dasar seperti fitur Cut, Trim, Insert Image, dan lain sebagainya.

Mobizen Screen Recoder juga menawarkan kualitas video yang dihasilkan sampai dengan resolusi 1080P dengan kualitas 12.0Mbps dan frame rate sampai dengan 60 FPS. Menariknya meskipun dapat diunduh dengan gratis, pengguna tidak akan diganggu dengan munculnya watermark dalam video yang berhasil direkam.

Untuk mengunduh aplikasi ini, pengguna Android dapat mengunjungi laman Google Play Store berikut ini.

AZ Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Ponsel Android AZ Screen Recorder

AZ Screen Recorder merupakan aplikasi perekam layar ponsel yang menawarkan banyak kemudahan bagi pengguna Android Lolipop ke atas. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa perlu takut dengan batasan waktu maupun adanya watermark di video hasil tangkapan layar.

Selain itu, aplikasi buatan Hecorat ini mendukung secara penuh perekaman suara melalui mikrofon yang secara otomatis akan ditempelkan ke dalam video yang direkam pada saat bersamaan. Dukungan ini tentu akan mempermudah bagi para gamer untuk menjelaskan gameplay sebuah permainan ataupun pengguna yang sedang membuat tutorial menggunakan sebuah aplikasi.

AZ Screen Recorder mendukung perekaman video dengan kualitas HD maupun FullHD. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan tombol pause dan resume yang dapat digunakan saat pengguna sedang merekam.

Untuk mencoba aplikasi ini, pengguna dapat mengunduhnya melalui Google Play Store secara gratis.

REC Screen Recorder HD

Aplikasi Perekam Layar Ponsel Android REC Screen Recorder

Alternatif ke tiga aplikasi perekam layar ponsel adalah aplikasi REC Screen Recorder HD yang tersedia secara gratis di Google Play Store. Aplikasi ini menawarkan fitur teknis yang cukup untuk memenuhi kebutuhan para game streamer, maupun pembuat tutorial pengoprasian aplikasi ponsel.

Aplikasi ini memberikan dukungan kualitas video yang cukup tinggi dengan kemudahan penggunaan sebagai nilai tambahnya. Aplikasi ini juga mendukung perekaman video dengan rekaman suara melalu mikrofon yang tertanam di perangkat ponsel. Sayangnya, berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini hanya memberikan dukungan perekaman layar dengan durasi hingga satu jam saja.

YouTube Gaming

Aplikasi Perekam Layar Ponsel Android Youtube Gaming

Siapa yang tidak kenal dengan platform video buatan Google ini? Untuk membantu pengguna agar selalu update dengan game kesayangannya. Seperti aplikasi YouTube biasa, aplikasi ini juga sebuah hub video namun video-video bertema game. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat melihat video walkthrough, gameplay, dan trailer, maupun siaran langsung dari pemain game populer maupun penerbit game dengan dukungan chat di dalamnya.

Selain dapat digunakan untuk menonton video maupun siaran langsung, aplikasi buatan Google ini juga dapat digunakan untuk merekam layar maupun dapat digunakan untuk menyiarkan secara langsung hasil tangkapan layar yang dihasilkannya.

Pengguna dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play Store .

Leave a Comment