Berita

Daftar HP Nokia dengan Sistem Operasi Android

daftar hp nokia android Header

Gadgetren – Nokia kembali menajamkan taringnya ke pasar ponsel. Namun, kali ini perusahaan ini tidak menggunakan Symbian maupun Windows Mobile, tapi ikut menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Sebenarnya, Nokia telah menghadirkan perangkat berbasis sistem operasi Android sejak lama. Namun, dikenalkan dengan nama Nokia X Series, perangkat Nokia tersebut tidak menggunakan Android secara murni. Sistem yang ditanamkan ke dalam Nokia X Series ini merupakan sistem Android dengan perombakan total, bahkan Nokia hampir menghilangkan semua layanan Google. Dari mulai aplikasi, layanan, dan toko aplikasi, Nokia menggunakan produk sendiri.

Alhasil, meskipun menggunakan sistem Android, Nokia harus kehilangan tajinya. Banyak menuai kritik, dan pada akhirnya Nokia harus mengakui kekalahannya di pasar ponsel. Bahkan, beberapa waktu yang lalu, merek dagang Nokia harus berhenti sejenak.

Tahun 2017 menjadi tahun kebangkitan Nokia. Dibawah rumah barunya, HMD Global, Nokia kembali mengenalkan beberapa ponsel baru dengan sistem Android tanpa perombakan total seperti pada Nokia X Series. Kali ini, perangkat-perangkat Nokia ini menggunakan Android dan juga menggunakan layanan milik pengembang dari Android tersebut.

Berharap produk-produk ini laris di pasaran dan mampu bersaing di pasar ponsel, Nokia juga menghadirkan perangkat-perangkat dengan spesifikasi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Mengingat nama besar Nokia yang belum hilang di hati para penggemar, perangkat-perangkat ini tentu tidak akan dikembangkan secara asal-asalan, dengan membawa kualitas yang baik di dalamnya.

Berikut ini daftar ponsel Nokia dengan sistem operasi Android yang baru

Nokia 6

Nokia 6

Nokia 6 menjadi bukti bahwa Nokia masih memiliki taji setelah absen di pasar ponsel. Dibawah pengembangan HMD Global, Nokia 6 merupakan perangkat ponsel Android pertama Nokia setelah harus hibernasi beberapa waktu lalu.

Menggebrak pasar ponsel kelas menengah, Nokia 6 dilengkapi dengan Snapdragon 430 disandingkan dengan RAM berkapasitas 3 GB dan memori internal sebesar 32 GB. Nokia 6 juga dilengkapi dengan kamera belakang 16 MP dan kamera depan 8 MP yang sama-sama memiliki bukaan rana f/2.0.

Untuk urusan desain, Nokia 6 mengusung desain unibody dengan tampilan yang menarik. Dibalut dengan blok padat aluminum 6000, Nokia 6 juga dilapisi anti gores Corning Gorilla Glass 2.5D. Mengusung layar berukuran 5,5 inci, Nokia 6 menawarkan teknologi IPS dengan resolusi Full HD atau berukuran 1.920 x 1.080 piksel.

Nokia 6 secara resmi telah diluncurkan di pasar Indonesia bersamaan beberapa saudaranya. Jika Anda ingin memboyongnya, Anda perlu menyiapkan dana dengan kisaran Rp 3,2 Jutaan sesuai dengan banderol harga yang ditawarkan.

Nokia 5

Nokia 5

Nokia 5 merupakan produk HMD Global yang memiliki spesifikasi hardware dibawah saudaranya, Nokia 6. Mengusung prosesor yang sama, Snapdragon 430 dilengkapi dengan RAM berkapasitas 3 GB, Nokia 5  namun memiliki memori internal lebih kecil dari Nokia 6, yaitu hanya 16 GB.

Dari segi desainnya, Nokia 5 memiliki bentuk yang mirip dengan Nokia 6. Bedanya, pada bagian depan Nokia 5 hanya dibekali dengan layar berukuran 5,2 inchi, dengan resolusi HD atau 1.280 x 720 piksel. Namun, Nokia 5 juga mengusung teknologi IPS dan Corning Gorilla Glass seperti kakaknya, Nokia 6.

Pad bagian kamera, Nokia 5 dilengkapi kamera utama beresolusi 13 MP dengan aperture f/2.0. Sedangkan pada bagian depannya, Nokia 5 dilengkapi dengan kamera sekunder beresolusi 8 MP dilengkapi bukaan aperture yang sama dengan kamera utamanya.

Nokia 5 telah resmi dirilis ke pasar ponsel Indonesia. Untuk membawa pulang ponsel ini, Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp 2,6 Jutaan sesuai dengan harga yang dibanderol pada perangkat tersebut.

Nokia 3

Nokia 3Jika Anda mencari ponsel dengan dana minim, Nokia 3 dapat menjadi pilihan yang tepat. Nokia 3 memiliki spesifikasi yang paling rendah diantara ponsel Nokia dengan sistem Android baru meskipun dirilis secara bersamaan dengan dua saudaranya.

Berbeda dengan Nokia 6 dan Nokia 5, perangkat versi low-end milik Nokia ini mengusung dapur pacu dari MediaTek. Nokia 3 dipersenjatai dengan prosesor MediaTek MT6737 diduetkan dengan RAM berkapasitas 2 GB dan memori internal sebesar 16 GB.

Selain itu, untuk menunjang kinerjanya, Nokia 3 hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2.630 mAh, berbeda dengan Nokia 6 dan 5 yang memiliki baterai sebesar 3000 mAH. Nokia 3 juga memiliki kualitas kamera beresolusi 8 MP dengan bukaan rana f/2.0 baik pada kamera utama maupun kamera depannya.

Tak hanya urusan jeroan, Nokia 3 juga memiliki ukuran layar yang paling kecil dibandingkan dengan perangkat sebelumnya. Nokia 3 hanya memiliki layar dengan ukuran 5 inchi beresolusi HD (1.280 x 720 piksel), namun masih didukung dengan teknologi IPS dan Corning Gorilla Glass.

Nokia 3 juga telah dijual secara resmi di Indonesia dengan banderol harga paling murah dari saudaranya, yaitu sekitar Rp 1,8 Jutaan. Hal ini tentunya disesuaikan dengan spesifikasi yang ditautkan pada perangkat tersebut, dimana perangkat tersebut memiliki versi paling rendah dilihat dari berbagai sudut pandang.

Berikut diatas tiga HP Nokia yang mengusung sistem Android di dalamnya. Nokia 6, Nokia 5, dan Nokia 3 memang memiliki spesifikasi hardware yang berbeda-beda, namun ketiga ponsel ini memiliki dukungan sistem yang sama, yaitu Android 7.1.1 Nougat. Nokia juga menyatakan bahwa ketiga ponsel ini pun sama-sama akan mendapatkan upgrade ke versi Android 8.0 Oreo.  

Leave a Comment