Featured Mading

9 Tips Untuk Membeli Smartphone Baru

Review Samsung Galaxy S8 - Header

Kini smartphone menjadi salah satu penunjang dalam aktivitas sehari-hari. Bisa dibilang perangkat ini menawarkan beragam fitur untuk membantu pekerjaan kantor, hiburan, dan masih banyak.

Namun smartphone sendiri memiliki banyak jenis dengan spesifikasi hardware, fitur, dan harganya masing-masing sesuai kelas yang ditawarkan, baik atas, menengah, maupun bawah. Untuk kelas atas akan menawarkan spesifkias hardware mumpuni, fitur yang paling menarik, dan harga yang paling mahal.

Smartphone kelas menengah biasanya menawarkan smartphone dengan hardware maupun fitur yang mendekati kelas atas, namn dengan harga yang terjangkau. Sementara itu, smartphone kelas bawah akan memiliki harga paling ekonomis, namun harganya yang bisa dibilang cukup bagus.

Untuk itu, bagi Gadgeter yang ingin mencari smartphone baru maka dapat melihat tips-tips berikut ini agar tidak salah membeli dan menyesal di kemudian hari.

1.Tentukan Sistem Operasi yang Terbaik

Sistem operasi merupakan salah satu yang bisa dibilang cukup penting dalam memilih smartphone. Hal ini dikarenakan fitur dan dukungannya akan berbeda – beda. Biasanya versi yang lebih baru akan memiliki fitur yang lebih baru, bahkan lebih menarik.

Selain itu, smartphone dengan sistem operasi terbaru akan mendapatkan lebih cepat dibandingkan yang lama. Pada tahun 2017 ini, sistem operasi Android dan iOS menguasai pasar smartphone. Hampir semua vendor menggunakan sistem operasi Android. Sedangkan iOS biasanya hanya untuk perangkat Apple saja, seperti iPhone, iPad, dan iPod.

Smartphone dengan sistem operasi Android banyak dipilih dari kalangan kelas atas hingga bawah karena variannya yang lebih beragam. Sedangkan perangkat Apple yang bersisitem operasi iOS biasanya dibeli oleh kalangan tertentu karena harganya mahal.

2.Merek yang Terpercaya

Tak dapat dipungkiri merek menjadi salah satu jaminan dari kualitas dari smartphone yang dibeli. Bisa dibilang reputasi bagus, layanan purna jual (service center dan garansi), dan build quilty dari sebuah merek menjadi tolak ukur untuk membeli sebuah smartphone.

Misalnya Samsung dan LG yang memiliki reputasi bagus dan service center yang baik. Bahkan perusahaan smartphone asal Tiongkok, seperti OPPO, Vivo, Huawei, dan Xiaomi pun telah memiliki nama di dunia dalam hal menjual smartphone yang menarik.

3.Harga yang Pas di Kantong

Ini merupakan salah satu hal vital dalam membeli smartphone karena smartphone yang memiliki spesifikasi hardware dan fitur menarik dengan harga yang terjangkau atau murah akan menjadi daya tarik bagi calon pembelinya.

Setelah melihat perbandingan spesifikasi hardware dan fitur yang ditawarkan dari smartphone yang akan dibeli, sebaiknya Gadgeter memilih harga yang paling ekonomis dan pas di kantung agar bisa dengan bijak mendapatkan yang pas tanpa penyesalan.

4. Prosesor Terbaik

Kini prosesor juga menjadi tolak ukur dari pembelian sebuah smartphone karena menentukan performa dari perangkat itu sendiri. Banyak beredar beberapa prosesor yang sering digunakan oleh smartphone, mulai dari Qualcomm Snapdragon, MediaTek, Exynos, Hi Silicon Kirin, hingga Spreadtrum.

Prosesor yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah Qualcomm Snapdragon karena memiliki performa, konsumsi daya baterai, dan fitur yang menarik. Sementara itu, MediaTek terkenal dengan harga yang murah, namun performa baik. Sayangnya terkadang GPS dari MediaTek sering kacau.

Prosesor Exynos bisa dibilang sudah bagus karena buatan dari Samsung dan biasanya terdapat pada smartphone Samsung. Sementara Hi Silicon Kirin merupakan buatan Huawei dan bisa dibilang bagus karena buatan Huawei dan digunakan untuk smartphone Huawei.

5. Kapasitas RAM

Prosesor yang cepat dan bertenaga harus diimbangi dengan kapasitas RAM yang banyak karena biasanya akan menahan beban aplikasi yang berjalan di smartphone. Untuk masa kini, sebaiknya Gadgeter membeli smartphone dengan RAM 3 GB ke atas. Namun apabla memiliki dana terbatas sebaiknya memilih RAM 2 GB agar harganya lebih ekonomis. Namun jangan pilih smartphone dengan RAM kurang dari 2 GB karena akan lebih terbatas untuk menjalankan aplikasi saat ini.

6.Storage Internal yang Besar

Bagi Gadgeter yang gemar mengambil foto, menyimpan lagu, video, maupun menginstal berbagai aplikasi game. Tentu saja wajib memilih storage yang besar karena kapasitas file dan aplikasi yang tersimpan akan terakumulasi sehingga banyak memakan kapasitas storage internal yang besar.

Untuk masa kini, Gadgeter sebaiknya memilih storage internal dengan kapasitas minimal 16 GB. Namun disarankan memiliki kapasitas 32 GB ke atas karena akan membuat Gadgeter nyaman dalam menggunakan smartphone dan terasa lebih lega.

7.Layar

Layar berteknologi IPS dapat membuat mata nyaman ketika digunakan dan penggunanya masih dapat melihat gambar pada layar dengan jelas hingga sudut kemiringan 178 derajat. Namun layar berteknologi Super AMOLED dan AMOLED memiliki warna yang lebih jernih dan terang dibandingkan IPS, namun biasanya harga smartphone ini mahal.

8. Kamera

Kini kamera merupakan salah satu tolak ukur bahwa smartphone tersebut bagus atau tidak. Banyak smartphone masa kini yang telah dibekali dengan kemampuan kamera yang bisa menghasilkan foto dengan bagus.

Bahkan memiliki dua kamera sehingga memungkinkan smartphone dapat menghasilkan foto bokeh (background blur) dengan instan, 2x optical zoom, maupun wide-angle dengan area yang luas. Biasanya smartphone dengan harga menengah ke atas akan memiliki kamera yang sudah bagus. Selain itu, smartphone merek Samsung, Huawei, LG, Sony, OPPO, Vivo, XIaomi, maupun Motorola sudah memiliki kamera yang bagus.

9. Kapasitas Baterai

Kini telah banyak smartphone dengan kapasitas baterai yang bisa dibilang besar, baik 5.000 mAh, 4.000 mAh, atau 3.000 mAh. Bisa dibilang idealnya Gadgeter bisa memilih smartphone dengan kapasitas lebih 3.000 mAh sudah cukup baik untuk bisa bertahan dalam pemakaian sehari-hari, terutama di jam kerja. Namun apabila Gadgeter ingin memiliki smartphone yang sangat bertahan lama, bahkan bisa bertahan lebih dari 1 hari maka dapat memilih smartphone dengan baterai yang 4.100 mAh hingga 5.000 mAh.

Itulah 9 tips untuk memilih smartphone baru, Semoga dengan hal tersebut dapat membuat Gadgeter tidak salah dalam memilih smartphone. Pastinya smartphone berspesifikasi menarik dengan harga yang terjangkau akan menjadi salah satu pilihan Gadgeter untuk memilih perangkat yang cocok digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Leave a Comment