Berita

SHAREit Raih Ranking Pertama di Google Play Indonesia

ShareIt Headers

JAKARTA, 26 Oktober 2017Perusahaan teknologi global yang bergerak dalam riset dan pengembangan perangkat lunak mobile Internet, SHAREit Technologies Co Ltd, mengumumkan bahwa berdasarkan data terbaru dari AppAnnie, SHAREit sukses meraih peringkat pertama untuk semua kategori aplikasi di Google Play Indonesia dengan lebih dari 100 juta pengguna.  Sebelumnya, SHAREit juga sukses menjadi aplikasi teratas di Google Play India.

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada konsumen Indonesia, berkat mereka SHAREit menjadi aplikasi paling populer di Google Play Indonesia,” kata Michael Qiu, CEO SHAREit Technologies Co Ltd. “Dengan posisi Indonesia sebagai salah satu pasar perangkat mobile terbesar, keberhasilan memuncaki Google Play Indonesia semakin memperkuat posisi SHAREit sebagai salah satu aplikasi yang paling diminati di dunia khususnya di kalangan millennial.”

Keberhasilan SHAREit di Indonesia tidak terlepas dari terus meningkatnya populasi pengguna smartphone. Hal ini juga didorong oleh perkembangan tren gaya hidup digital di kalangan konsumen yang diikuti dengan meningkatnya kegiatan berbagi/transfer file atau file sharing. Konsumen Indonesia yang semakin cerdas tentunya akan memilih teknologi berbagi file yang tidak memakai kuota paket data, menawarkan kecepatan lebih tinggi dari Bluetooth, dan dapat dilakukan secara lintas platform.

SHAREit menawarkan semua kriteria yang dibutuhkan konsumen di era digital saat ini. Kejelian SHAREit memahami kebutuhan dan potensi pasar menjadi salah satu faktor yang membuat SHAREit sebagai sebuah start-up yang mampu berkibar di tingkat global dengan menjadi aplikasi yang paling populer di banyak negara termasuk Indonesia.

Membangun startup bukanlah hal yang mudah. Tak hanya di Indonesia, secara global sudah banyak startup yang gagal mencapai keberhasilan dalam hitungan tahun. Bahkan majalah Forbes mengungkapkan bahwa 90 persen startup yang didirikan di dunia mengalami kegagalan, hanya 10 persen startup yang berhasil. Sementara itu, menurut analisis yang dilakukan startup data cruncher Xeler8, dalam dua tahun, dari 2.281 startup yang dibangun di India setelah Juni 2014, sebanyak 997 startup mengalami kegagalan dan akhirnya tenggelam.

Strategi yang tepat seperti memahami tren dan kebutuhan pasar merupakan salah satu kunci kesuksesan hidup atau tidaknya sebuah startup. Kunci keberhasilan lainnya adalah perhatian lebih pada kebutuhan kalangan millennial,  segmen konsumen penting yang kerap menjadi early adopter bagi beragam inovasi teknologi terkini seperti SHAREit. Dengan berbagai fitur yang dimiliki SHAREit seperti kemampuan transfer file hemat biaya tanpa koneksi Internet dan fitur berbagi file secara real time melalui Share Zone, tak heran kalau aplikasi ini begitu diminati oleh kalangan millennial. Didorong cara unik distribusi spontan melalui perbincangan dari mulut ke mulut antar penggunanya, membuat SHAREit memiliki tren pertumbuhan yang cepat di seluruh dunia.

Perhatian pada kebutuhan pasar lokal yang spesifik juga harus menjadi perhatian startup yang ingin bermain di pasar global. SHAREit, misalnya, menawarkan desain yang disesuaikan untuk mempermudah penggunaan di negara berbeda dan menyediakan 39 jenis bahasa untuk memudahkan penggunanya di seluruh dunia. Untuk memperkuat posisinya di pasar, SHAREit juga mengadakan aktifitas-aktifitas bernuansa lokal untuk menarik perhatian pengguna dengan budaya yang berbeda-beda.

“Yang tidak kalah pentingnya,  startup global harus terus mencari sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten dan mempertahankan mereka dengan melalui apresiasi dan penghargaan, termasuk option yang diberikan kepada SDM yang berprestasi,” kata Michael Qiu.

“SHAREit juga menawarkan lingkungan kerja yang kondusif, yang dibangun dengan budaya berbagi dan didukung oleh tim yang memiliki antusias, inovasi, kerja sama, dan percaya diri yang tinggi,” pungkas Michael Qiu.

Didirikan sebagai sebuah startup, SHAREit saat ini menikmati popularitas di pasar internasional dengan lebih dari 800 hit home page di Google Play dan pencapaian lebih dari 1 milyar pengguna di seluruh dunia.

Seiring terus berusaha fokus dalam pengembangan strategi dalam proses globalisasi di dunia, SHAREit juga terus mengembangkan dan menyesuaikan aplikasinya ke arah yang lebih baik untuk menyediakan produk aplikasi lainnya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat global.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar