Tips dan Trik

Mau Mengambil Foto Malam Hari Lebih Terang di Smartphone? Begini Caranya

Cara Memotret di Malam Hari Tanpa Flash Lebih Bagus

Kini smartphone yang hadir di Indonesia telah memiliki kemampuan kamera yang bisa dibilang memadai untuk bisa mendapatkan hasil foto yang bagus dalam berbagai kondisi termasuk low light. Selain resolusinya yang semakin tinggi, teknologinya pun semakin canggih.

Meskipun begitu, terkadang ketika mengambil gambar pada malam hari beberapa kamera smartphone akan menghasilkan foto yang agak gelap. Untuk itu, Saya akan memberikan tips untuk mengambil foto di malam hari agar lebih terang.

Dalam praktiknya saya menggunakan smartphone Huawei P9. Apabila menggunakan mengambil foto low light atau pada malam hari biasanya akan menggunakan mode Auto maupun Night Mode. Terkadang hasil foto dengan menggunakan kedua mode tersebut masih kurang menghasilkan foto yang terang.

Apalagi Night Mode membutuhkan ketenangan dari pengguna agar tidak bergetar maupun tremor ketika mengambil gambar karena akan menyebabkan gambar menjadi blur. Untuk itu, Gadgeter bisa mencoba untuk menggunakan mode manual atau disebut Pro pada Huawei P9.

Untuk mengaktifkan mode manual atau Pro pada smartphone yang satu ini, Gadgeter cukup menggeser tombol virtual bertanda panah yang berada di atas tombol shutter. Setelah masuk mode Pro maka secara otomatis akan muncul menu pengaturan yang terdiri dari ISO, Shutter Speed, EV (Exposure Value), Fokus, dan White Balance.

Kita dapat menentukan nilai yang dibutuhkan pada menu-menu tersebut. Namun untuk foto dalam kondisi minim cahaya di malam hari, hal paling dibutuhkan adalah menentukan nilai ISO, Shutter Speed, dan EV untuk bisa mendapatkan cahaya yang dibutuhkan.

Untuk mengetahui seberapa tinggi cahaya dan tingkat kecerahan yang bisa diambil oleh kamera smartphone maka dapat langsung melihat pada layarnya. Apabila tingkat kecerahan di malam hari sudah sesuai dengan keinginan maka dapat langsung mengambil fotonya. Sebagai catatan, semakin lambat Shutter Speed maka Gadgeter memerlukan Tripod atau membuat tangan tidak terlalu gemetar karena akan menyebabkan terjadinya blur pada hasil fotonya.

Nah, bagi Gadgeter yang penasaran dengan hasil dari foto malam hari atau low light yang menggunakan Mode Auto dan Manual atau Pro ini maka dapat langsung melihatnya di bawah :

Leave a Comment