Featured Tips dan Trik

Cara Menghemat Baterai Android Yang Mudah Dan Efektif

Google-Lollipop-Statue-Header

Cukup banyak pengguna smartphone Android yang mengeluhkan daya tahan baterai perangkatnya dan ingin mengetahui bagimana cara menghemat baterai Android.

Nah oleh karena itu, pada tips dan trik kali ini Gadgetren memberikan cara menghemat baterai Android sehingga perangkat lebih tahan lama digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Selain cara-cara tersebut juga terdapat aplikasi penghemat baterai yang pembaca dapat gunakan.

Sebagai awal cara menghemat baterai Android, ada baiknya pembaca melihat aplikasi terlebih dahulu untuk melihat apa saja yang memang menguras baterai perangkat melalui menu Pengaturan > Baterai. Dalam menu tersebut dapat terlihat seberapa besar aplikasi menghabiskan daya baterai.

Selanjutnya pembaca dapat mengikuti tips berikut untuk memperpanjang daya tahan baterai smartphone.

Kecerahan layar : Atur kecerahan layar sesuai yang agar terlihat saja dikarenakan kecerahan layar sangat menghabiskan baterai terutama yang menggunakan layar AMOLED. Selain itu, atur screen time out agar layar lebih cepat mati ketika perangkat tidak digunakan.

Wallpaper : Ada baiknya pengguna menggunakan latar belakang hitam serta tema gelap terutama untuk layar AMOLED. Tentu saja hindari juga live wallpaper dikarenakan cukup menguras baterai.

Widget : Sebaiknya hindari widget yang membutuhkan proses secara terus menerus, karena hal tersebut menambah kerja prosesor yang berarti baterai akan cepat berkuras.

Radio : Selalu matikan Bluetooth, WiFi, Lokation, NFC, dan GPS jika benar-benar tidak membutuhkannya.

Getar : Matikan seluruh fitur getaran seperti haptic feedback (getar saat mengetik) atau getar ketika ada telepon. Fitur getar lebih menghabiskan daya ketimbang dengan menggunakan suara.

Fitur Pintar : Matikan juga fitur pintar yang tidak dibutuhkan seperti air gesture atau Google hotwords, dikarenakan fitur tersebut akan selalu aktif dalam keadaan apapun.

Aplikasi : Setelah menggunakan aplikasi ada baiknya langsung ditutup melalui pengaturan atau menghapusnya dari daftar recent apps. Aplikasi yang terus berjalan akan memakan tempat RAM yang berarti menguras daya, sehingga ada baiknya tetap menjaga penggunaan RAM sesedikit mungkin.

Notifikasi : Kurangi banyaknya notifikasi secara berkala pada aplikasi seperti twitter, facebook, atau path dikarenakan mereka akan selalu terhubung ke internet. Selain itu, pastikan aplikasi selalu terbaru agar lebih optimal dan selalu perhatikan fitur sinkronisasi.

Background Data : Gunakan fitur pembatasan data latar belakang agar aplikasi tidak menggunakan internet walaupun dalam keadaan tidak digunakan. Ada baiknya juga melakukan pembaharuan aplikasi ketika terhubung ke jaringan WiFi saja.

Modus Hemat Daya : Jika perangkat tersebut mempunyai fitur penghemat daya bawaan seperti pada perangkat HTC, lebih baik fitur tersebut dinyalakan. Sistem operasi Android juga mempunyai modus hemat daya sendiri yang dapat digunakan.

Reboot : Selalu matikan lalu nyalakan kembali perangkat secara berkala untuk menghilangkan aplikasi yang menyangkut atau pengurasan daya baterai yang tidak diketahui.

Sinyal : Perhatikan sinyal dari jaringan penyedia seluler agar tetap dalam kondisi sempurna. Jika perangkat mendapatkan sinyal yang buruk maka perangkat akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal yang bagus.

Suhu : Perangkat dalam keadaan terlalu panas atau terlalu dingin akan mempengaruhi kinerja baterai Lithium. Hal tersebut dikarenakan reaksi kimia yang terjadi jika suhu tidak optimal. Jadi ada baiknya tidak menggunakan perangkat ketika di bawah terik matahari.


Bagi pembaca yang tidak terlalu ingin repot dengan cara menghemat baterai android tersebut dapat menggunakan beberapa aplikasi penghemat baterai yang saya sarankan berikut.

Greenify-Logo

Greenify
Aplikasi yang cukup mumpuni untuk mengatur secara otomatis aplikasi untuk menjadi modus hibernasi saat tidak digunakan agar tidak menghabiskan baterai.

Juice-Defender-Logo

Juice Defender
Aplikasi yang cukup banyak dikenal ini dapat menghemat baterai melalui modus yang telah ditentukan atau pengguna dapat mengatur hal-hal yang menguras baterai secara manual.

Snapdragon-BatteryGuru-Logo
Snapdragon BatteryGuru
Aplikasi khusus pengguna perangkat dengan prosesor Snapdragon ini dapat mempelajari bagaimana pembaca menggunakan perangkat. Nantinya BattteryGuru akan mengaturnya secara otomatis sesuai dengan kebiasan pengguna.

Mau belanja online lebih murah? Cek aja kode diskon toko online di sini

About the author

Fauzi Rasyad

Fauzi Rasyad

Seorang gamer akut dan pecinta kucing yang juga selalu memantau perkembangan teknologi terbaru terutama yang berhubungan dengan gaming

Writer di Gadgetren