ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita Smartphone

8 Fitur Unggulan MIUI 8 di Smartphone Xiaomi yang Patut Dicoba

MIUI 8

MIUI 8 merupakan ROM terbaru buatan Xiaomi berdasarkan modifikasi dari sistem operasi Android. Bisa dibilang MIUI 8 ini menawarkan beragam fitur baru yang belum sempat ada di MIUI generasi sebelumnya.

Pada tanggal 10 Mei 2016 lalu, Xiaomi secara resmi merilis MIUI 8 bersamaan dengan Xiaomi Mi Max di Tiongkok. Kehadiran MIUI 8 ini banyak mendapatkan antusias dari pengguna smartphone Xiaomi maupun smartphone lain yang menggunakan ROM MIUI.

Dalam acara peluncuran tersebut, diperkenalkan 8 fitur baru dari MIUI 8 yang bisa dibilang menarik dan patut dicoba oleh pengguna smartphone Xiaomi maupun smartphone lainnya.

Bagi Gadgeter yang sudah penasaran dengan 8 fitur unggulan MIUI 8 ini, maka dapat melihat pada informasi yang saya sajikan sebagai berikut :

1. Warna MIUI 8 yang Didesain ulang

MIUI 8 Color

Xiaomi mengemas warna-warna menyenangkan dan enak dipandang pada MIUI 8 ini terutama dengan warna-warna yang memberikan kesan kecerian dan muda. Menariknya, warna pada MIUI 8 ini bisa berubah sesuai dengan perubahan cuaca yang terjadi di smartphone.

2. Huruf MIUI 8 yang Didesain Ulang

MIUI 8 Font Mi Lanting

Dalam MIUI 8 ini telah disematkan huruf yang bernama Mi Lanting. Dengan adanya huruf baru ini pihak Xiaomi berharap pengguna smartphone dengan MIUI 8 dapat nyaman, meskipun telah membaca sesuatu pada smartphone dalam waktu 6 jam.

3. Wallpaper MIUI 8 dengan Model Carousel

MIUI 8 Wallpaper Carousel

Dalam fitur ini, Xiaomi menghadirkan wallpaper atau gambar menarik yang bisa digunakan untuk homescreen maupun lockscreen pada MIUI 8. Wallpaper atau gambar ini terdiri dari 12 kategori yang akan bertambah setiap harinya.

4. Galeri MIUI 8

MIUI 8 Gallery

Galeri terbaru dari MIUI 8 ini memiliki ruang yang lebih efisien dalam memperlihatkan foto-foto. Selain itu, penggunanya dapat juga menambahkan doodle atau stiker pada foto.

Dalam hal mengedit video, Xiaomi meningkatkan kemampuan tool dan fiturnya agar bisa membuat penggunanya berkreasi dengan lebih baik. Selanjutnya, video juga dapat ditambahkan efek suara maupun lagu.

Melalui galeri, penggunanya dapat langsung berbagi foto ke jejaring sosial atau aplikasi lainnya hanya dengan melakukan swipe ke atas dan juga foto bisa ditambahkan filter menarik.

5. Pemindai/Scanner pada MIUI 8

MIUI 8 Scanner

Pada pemindai atau scanner MIUI 8, penggunanya melakukan pemindai QR Code untuk melakukan pembayaran menggunakan Wechat Wallet dan Alipay. Scanner ini juga dapat digunakan untuk pemindai barcode pada barang di toko dan membelinya secara online.

Bahkan dengan menggunakan scanner ini dapat membuat penggunanya menyelesaikan soal matematika lengkap dengan penjelasan langkah-langkah penyelesainnya. Selain scanner, sepertinya Xiaomi juga mengembangkan aplikasi pemecah soal Matematika mirip Photosolve atau Photomath.

6. Kalkulator MIUI 8

MIUI 8 Calculator

Selain untuk fungsi perhitungan kalkulator biasa, kalkulator pada MIUI 8 bisa juga digunakan untuk mengonversi kurs mata uang, jarak, suhu, ukuran, berat, dan masih banyak lagi.

7. MIUI 8 Notes

MIUI 8 Notes

Aplikasi Notes yang terdapat pada MIUI 8 telah dilengkapi dengan template desain yang cantik sehingga ketika catatan dibagikan kepada teman lainnya akan memiliki desain kertas yang cantik.

Selain itu, aplikasi Notes ini memiliki keunikan dalam pembuatan catatan baru atau penghapusan catatan baru. Selanjutnya, jika penggunanya ingin mengamankan catatan pada aplikasi Notes maka pada MIUI 8 sudah bisa ditambahkan password atau keamanan dengan pemindai sidik jari.

8. Power Saving Mode

MIUI 8 Power Saving Mode

Dengan menggunakan Power Saving Mode, pengguna MIUI 8 bisa membekukan aktivitas aplikasi yang berjalan di background, menghentikan proses sinkronisasi, update, maupun task yang berjalan di background.

Selain itu, dalam MIUI 8 ini penggunanya dapat juga mengatur aplikasi mana saja yang dapat berjalan pada saat smartphone baru dinyalakan untuk mengurangi konsumsi baterai atau terjadinya lag.

MIUI 8 memberikan fitur kepada penggunanya agar dapat mengatur multi-windows dari aplikasi. Sementara itu, MIUI 8 juga dapat mendeteksi pesan penipuan atau scam agar tidak mengganggu penggunanya.


Itulah 8 fitur unggulan yang hadir pada MIUI 8. Menarik bukan? fitur yang dihadirkan oleh Xiaomi pada MIUI 8 ini. Nah, jika Gadgeter penasaran dengan smartphone Xiaomi mana yang telah mendapatkan sistem operasi ini maka bisa mengunjungi laman berikut ini.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar