ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi

50 Aplikasi Android Terbaik Dan Gratis Yang Patut Dicoba

50-Aplikasi-Android-Terbaik

Banyaknya aplikasi Android yang tersedia saat ini di Google Play ini mungkin akan membuat sulit untuk mencari aplikasi Android terbaik yang kita inginkan. Oleh karena itu dalam artikel ini saya memberikan lima aplikasi Android terbaik di setiap kategorinya dengan yang nomor satu sebagai favorit saya pribadi.

Namun sebelum itu, perlu diketahui aplikasi dalam Google Play terbagi menjadi tiga golongan yakni gratis, gratis dengan fitur tambahan berbayar, dan berbayar. Aplikasi yang direkomendasikan pada artikel ini fokusnya di versi gratis yang sudah lebih dari cukup walaupun bisa membayar untuk fitur lainnya.

Berikut ini adalah 50 aplikasi Android terbaik beserta tautan ke halaman Google Play-nya dengan kategori-kategori aplikasi sebagai berikut:

 

Launcher

Apex Launcher

1. Apex Laucher (gratis)
Aplikasi launcher favorit saya dikarenakan sangat mudah untuk kustomisasi dan ringan untuk smartphone.
[space size=0]

Nova Launcher

2. Nova Launcher (gratis)
Nova Launcher digunakan oleh banyak sekali orang, bahkan bisa dikatakan lebih populer ketimbang Apex.
[space size=0]

Smart Launcher

3. Smart Launcher (gratis)
Smart Launcher dapat membuat tampilan home menjadi unik dengan shortcut dengan pola melingkar sehingga dapat mengakses aplikasi secara cepat.
[space size=0]

Buzz Launcher

4. Buzz Launcher (gratis)
Kelebihan dari launcher ini adalah dapat mengkostumisasi tampilan home sedemikian rupa dengan banyak sekali, sehingga dipastikan berbeda setiap perangkat.
[space size=0]

CM Launcher

5. CM Launcher (gratis)
Launcher yang digadang sebagai paling ringan dan aman dengan ukuran aplikasi hanya sebesar 2MB. Selain itu sudah terintegrasi langsung dengan antivirus 360 security.
[space size=0]

Kamera

Camera 360

1. Camera 360 Ultimate (gratis)
Aplikasi yang sudah terbilang populer dan menyediakan banyak fitur maupun filter secara gratis tanpa iklan.
[space size=0]

Pixlr

2. Pixlr (gratis dengan fitur berbayar)
Pixlr dibuat oleh perusahaan ternama Autodesk yang dapat mengedit jepretan foto dalam berbagai cara agar terlihat lebih unik.
[space size=0]

Otaku Camera

3. Otaku camera (gratis dengan fitur berbayar)
Sesuai namanya aplikasi ini ditujukan untuk para otaku atau penggemar manga dengan menghasilkan foto berbentuk manga.
[space size=0]

Cymera

4. Cymera (gratis dengan fitur berbayar)
Salah satu aplikasi kamera paling populer dengan lebih dari 10 juta download. Sedikit berbeda dengan yang lain aplikasi ini terfokus untuk foto-foto wajah jadi cocok untuk yang gemar selfie.
[space size=0]

Snapseed

5. Snapseed (gratis)
Aplikasi yang telah di akuisisi oleh Google ini merupakan aplikasi profesional untuk mobile dengan fitur yang tidak kalah dengan editing software pada komputer.
[space size=0]

Pemutar Video

MX Player

1. MX Player (gratis)
Bisa dikatakan sebagai aplikasi terbaik dalam kategori ini dengan menghadirkan beberapa fitur terbaik yang ada secara gratis.
[space size=0]

MoboPlayer

2. MoboPlayer (gratis)
Salah satu pemain lama yang cukup canggih dalam hal memainkan video, sehingga menjadi video player favorit bagi penggunanya.
[space size=0]

GPlayer

3. GPlayer (gratis)
Keunikan dari video player ini adalah dapat menampilkan beberapa video secara bersamaan serta ukuran jendela dapat dirubah sesuai kemauan agar tetap dapat melakukan kegiatan lainnya.
[space size=0]

mVideoPlayer

4. mVideoPlayer (gratis)
Aplikasi ini mempunyai tampilan antar muka yang sangat bagus jika dibandingkan dengan yang lain, namun video player ini hanya mampu memainkan video yang sudah didukung oleh perangkat saja.
[space size=0]

DicePlayer

5. DicePlayer (gratis)
Walaupun tidak mempunyai fitur sebanyak MX Player, namun Dice tetap mempunyai peforma yang sangat stabil dan mampu memainkan video dengan berbagai codec.
[space size=0]

Pemutar Musik

Poweramp Music Player

1. Poweramp Music Player (berbayar)
Satu-satunya Aplikasi berbayar di daftar ini merupakan yang terbaik untuk mendengarkan musik dan tidak ada duanya. Mudah digunakan dan mempunyai equalizer untuk menambah kualitas musik.
[space size=0]

doubleTwist

2. doubleTwist (gratis dengan fitur berbayar)
Aplikasi yang sudah lama bergelut dalam dunia dengan selalu mengikuti tren terbaru pada desain maupun fitur yang disediakan.
[space size=0]

N7Player

3. N7player (gratis dengan fitur berbayar)
Mempunyai tampilan antar muka dengan mendaftar gambar album atau artis dengan berbagai ukuran sehingga terlihat berbeda dari yang lain.
[space size=0]

Google Play Music

4. Google Play Music (gratis)
Aplikasi yang dibuat oleh Google ini tentu sangat cocok untuk pengguna Android dengan tambahan dapat upload musik-musik, sehingga tersedia untuk streaming di mana saja.
[space size=0]

Rocker Music Player

5. Rocket Music Player (gratis dengan fitur berbayar)
Aplikasi satu ini mempunyai tampilan antar muka yang sangat sibuk dikarenakan fitur yang dimilikinya banyak sekali dan dapat terintegrasi dengan aplikasi lain.
[space size=0]

Peramban Web

Chrome

1. Chrome Browser (gratis)
Browser canggih dengan salah satu fitur terbaiknya adalah memusatkan sinkronisasi Chrome dengan akun Google sehingga mudah saat digunakan pada perangkat lainnya.
[space size=0]

Opera Mini

2. Opera Mini web browser (gratis)
Opera mini sudah sangat terkenal semenjak hadir pada ponsel fitur dahulu. Kelebihan browser ini adalah mampu menghemat kuota data saat tengah mengunjungi internet.
[space size=0]

Firefox

3. Firefox Browser For Android (gratis)
Salah satu pesaing Chrome di smartphone maupun desktop, sehingga tidak perlu diragukan lagi kemampuan browser satu ini.
[space size=0]

Dolphin

4. Dolphin Browser For Android (gratis)
Berbeda dengan yang lainnya Dolphin menghadirkan fitur yang unik seperti gesture control, voice search, maupun mempunyai tema sendiri yang bisa dikustomisasi.
[space size=0]

Ghostery

5. Ghostery Privacy Browser (gratis)
Bagi pengguna yang tidak suka dilacak setiap kegiatan internet oleh perusahaan besar seperti Google, maka browser ini sangat cocok digunakan.
[space size=0]

File Manager

File Explorer

1. File Explorer (gratis)
Memiliki tampilan yang bersih sehingga sangat nyaman digunakan. Selain itu, FX mempunyai home yang dapat dikostumisasi agar lebih mudah untuk pengaksesan.
[space size=0]

File Manager HD

2. File Manager HD (gratis dengan fitur berbayar)
Mempunyai fitur yang beragam dengan fokus agar mudah digunakan dan mudah untuk memindahkan berkas ke berbagai tempat.
[space size=0]

ES File Explorer

3. Es File Explorer (gratis)
Bisa dikatakan sebagai aplikasi file manager paling populer dan masih terus dilakukan pembaharuan. Memiliki banyak dukungan atau fitur, bahkan mempunyai penyimpanan awan sendiri.
[space size=0]

File Wrangler

4. File Wrangler (gratis)
Terbilang lebih minimal dibandingkan yang lain, namun sangat cocok untuk pengguna yang hanya ingin sekedar melakukan kegiatan biasa tanpa fitur-fitur tambahan lainnya
[space size=0]

Root Browser

5. Root Browser (gratis dengan fitur berbayar)
Sesuai namanya aplikasi ini di dominasi oleh pengguna yang telah melakukan akses root pada perangkat mereka.
[space size=0]

Office

Microsoft Office Mobile

1. Microsoft Office Mobile (gratis)
Aplikasi gratis dari Microsoft ini menyajikan hal yang umum seperti pada versi komputer, bahkan dapat langsung mengambil file dari OneDrive.
[space size=0]

Polaris Office

2. Polaris (gratis dengan fitur berbayar)
Aplikasi yang terbilang cukup mudah untuk digunakan jika hanya sekedar membaca maupun mengubah file dokumen.
[space size=0]

Google Docs

3. Google Office (gratis)
Sebenernya ini merupakan fitur pendamping Google Drive, namun aplikasi ini tetap memberikan fitur yang tidak kalah. Hanya saja aplikasi Google Sheets, Docs, dan Slides disediakan terpisah.
[space size=0]

WPS Office

4. WPS Office (gratis)
Aplikasi yang dibuat oleh Kingsoft ini merupakan aplikasi standar dengan fitur yang tidak terlalu banyak, namun tetap stabil saat digunakan dan dikembangkan dengan baik.
[space size=0]

OfficeSuite

5. OfficeSuite (gratis dengan fitur berbayar)
Mempunyai fitur-fitur yang unik dan menarik digunakan, namun beberapa fitur tersebut harus membuka versi pro terlebih dahulu.
[space size=0]

Catatan

Evernote

1. Evernote (gratis)
Evernote bisa dikatakan sebagai pilarnya dalam aplikasi catatan jadi tidak perlu diragukan lagi keahliannya. Fitur serta pengaturan yang banyak ditambah dengan penyimpanan awan.
[space size=0]

Squid

2. Squid (gratis)
Squid dapat menyimpan catatan sesuai dengan tulisan tangan pengguna, sehingga sangat cocok digunakan pada tablet maupun ponsel dengan stylus.
[space size=0]

Google Keep

3. Google Keep (gratis)
Jika anda selalu berkutat dengan aplikasi Google maka Keep sangat cocok digunakan. Aplikasi ini dapat diberikan foto, anotasi, atau rekaman suara.
[space size=0]

Fetchnotes

4. Fetchnotes (gratis)
Keunikan aplikasi catatan ini adalah adanya fitur hashtags seperti pada twitter, selain itu bisa mengirimkan catatan melalui SMS dari ponsel manapun.
[space size=0]

OneNote

5. OneNote (gratis)
Jika selalu menggunakan Microsoft Office maka tidak ada salahnya menggunakan OneNote pula dengan berbagai fitur termasuk penyimpanan awan OneDrive.
[space size=0]

Task Management

Wunderlist

1. Wunderlist (gratis)
Salah satu aplikasi paling populer dalam hal membuat daftar kegiatan. Selain itu Wunderlist telah dimiliki Microsoft yang berarti sangat cocok bagi pengguna Windows.
[space size=0]

Anydo

2. Any.do (gratis)
Kelebihan dari Any.do adalah desainnya yang simple dan dapat membuat daftar kegiatan sekaligus menyimpan catatan.
[space size=0]

Remember The Milk

3. Remember The Milk (gratis)
Mungkin salah satu aplikasi terlawas dalam kategori ini dan tentu saja fitur yang disediakan tetap tidak kalah dengan yang lainnya.
[space size=0]

To-Do List

4. To-Do List (gratis)
Salah satu aplikasi paling populer bersamaan dengan Wunderlist. Tampilan yang dihadirkan sangat bersih dengan desain material Google agar lebih nyaman digunakan.
[space size=0]

EveryDay

5. EveryDay (gratis)
Tidak berbeda jauh dengan aplikasi lainnya, namun semua daftar yang telah dibuat dapat diakses juga melalui situs mereka.
[space size=0]

Messenger

Line

1. LINE (gratis)
Salah satu aplikasi pesan instan paling populer saat ini dengan menggabungkan beberapa hal sekaligus termasuk jaringan sosial tersendiri.
[space size=0]

WhatsApp

2. WhatsApp Messenger (gratis)
Aplikasi yang sudah sangat populer ini tersedia di berbagai jenis perangkat dengan fitur dapat mengirim atau menerima pesan, gambar, audio, catatan, serta video.
[space size=0]

BBM

3. BBM (gratis)
Aplikasi pesan instan yang tadinya hanya tersedia pada perangkat Blackberry ini menghadirkan sistem PIN yang berarti tidak perlu menyebarkan nomor telepon ataupun email.
[space size=0]

WeChat

4. WeChat (gratis)
WeChat bisa dikatakan sebagai aplikasi pesan instan terbesar dengan lebih dari 430 juta pengguna. Fitur yang disediakan juga terbilang unik seperti Friend Radar, Shake, atau People Nearby.
[space size=0]

Skype

5. Skype (gratis)
Aplikasi ini sebenarnya terkenal dengan fungsi video atau voice call, namun fitur pesan instan yang dihadirkan tidak kalah dengan yang lain.
[space size=0]

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar